Bansos Tak Sebanding Dampak Kenaikan Harga BBM, TGB: Kebijakan Pemerintah Jangan Memudharatkan

TGB menyebut nilai Bansos dampak kenaikan harga BBM seharusnya lebih besar karena dampak ikutan kebijakan ini terhadap perekonomian rakyat

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Ketua Umum PB NWDI TGB KH Muhammad Zainul Majdi merespons kebijakan kenaikan harga BBM subsidi. Menurut TGB, kompensasi bantalan ekonomi untuk masyarakat ini harus setara atau bahkan lebih besar dari dampak kenaikan harga BBM subsidi. 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Pemerintah berupaya mengimbangi kebijakan kenaikan harga BBM subsidi dengan bantalan ekonomi Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), hingga subsidi transportasi.

Ketua Umum PB NWDI TGB KH Muhammad Zainul Majdi merespons kebijakan kenaikan harga BBM subsidi ini dengan menyebut sisi kerugian masyarakat.

"Jadi intinya kalau menurut saya, semua kebijakan pemerintah tidak boleh memudharatkan," kata TGB saat dikonfirmasi TribunLombok.com, Minggu (11/9/2022).

Dalam pandangan TGB, kompensasi bantalan ekonomi untuk masyarakat ini harus setara atau bahkan lebih besar dari dampak kenaikan harga BBM subsidi.

Baca juga: Pesan TGB kepada Pemuda NWDI: Kurangi Narasi, Perbanyak Kreasi

Cucu pahlawan nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid ini menyebut dampak kenaikan harga BBM subsidi tidak serta-merta bisa diganti dengan uang tunai.

Dalam perhitungan komprehensif, sambung TGB, komponen tambahan biaya yang harus ditanggung masyarakat dari dampak kenaikan harga BBM disesuaikan dengan nilai Bansos tersebut.

TGB bahkan menyebut nilai bantuan ini seharusnya lebih besar.

Sehingga, kata TGB, kalaupun ada kenaikan harga tapi masyarakat menjadi memiliki kelebihan sumber daya untuk menanggulangi dampak langsung dan dampak tidak langsung kenaikan harga BBM.

"Karena masalahnya sekarang adalah BBM ini tidak berdiri sendiri, tapi dia bagian dan komponen yang sangat signifikan dalam menentukan harga sistem logistik nasional, sehingga ketika BBM ini naik, hampir dipastikan harga-harga pasti ikut naik," jelas TGB.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved