Syarat dan Cara Daftar Guru Profesional yang Dibuka hingga 26 September 2022

Pendaftaran calon mahasiswa PPG Prajabatan sudah dibuka dari tanggal 26 Agustus sampai dengan tanggal 26 September 2022 melalui SIMPKB.

Editor: Dion DB Putra
TribunLombok.com/Sirtupillaili
Ilustrasi. Seorang guru mengajar para siswa di SDN 1 Gili Gede, Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Tahun ini pemerintah kembali membuka kesempatan bagi para sarjana untuk menjadi guru. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Pemerintah kembali membuka kesempatan bagi para sarjana untuk mengabdi sebagai guru atau pendidik.

Tahun ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022.

Baca juga: Tunjangan Profesi Guru Dihapus di RUU Sisdiknas, Ternyata Segini Rincian Besarannya

Baca juga: RUU Sisdiknas: Pengajar di PAUD & Satuan Pendidikan Kesetaraan Bisa Dapat Gaji Setara Guru

Pendaftaran calon mahasiswa PPG Prajabatan sudah dibuka dari tanggal 26 Agustus sampai dengan tanggal 26 September 2022 melalui SIMPKB.

Bagi pelamar yang berminat silakan akses laman https://ppg.kemdikbud.go.id, dengan tautan pendaftaran https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran.

PPG Prajabatan terbuka bagi lulusan S1 atau D4, baik dari jenjang kependidikan maupun non-kependidikan. Artinya sarjana dari semua jurusan boleh mendaftar.

Selain mendapatkan beasiswa pendidikan selama satu tahun atau dua semester, lulusan PPG Prajabatan akan memenuhi kebutuhan 40.000 kuota guru dan diprioritaskan menggantikan guru pensiun.

Demikian dikatakan Koordinator Pokja PPG Prajabatan, Zainun Misbah.

Zainun Misbah menjelaskan, berbeda dari PPG Prajabatan sebelumnya, pada PPG Prajabatan kali ini terdapat perubahan arah kebijakan mulai dari pembelajaran hingga prioritas bagi lulusan PPG Prajabatan.

Mengganti guru yang pensiun

Zainun Misbah mengatakan, arah kebijakan pelaksanaan PPG saat ini, salah satunya mengenai kuota, dihitung berdasarkan data guru yang akan pensiun.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved