Skrining Riwayat Kesehatan Lewat Aplikasi Mobile JKN, Langkah Mudah Deteksi Dini Cegah Sakit Kronis

Skrining Riwayat Kesehatan ini berguna untuk mengetahui ada atau tidaknya risiko penyakit sehingga peserta dapat melakukan pencegahan

DOK. BPJS KESEHATAN CABANG MATARAM
Skrining Riwayat Kesehatan yang dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN. 

TRIBUNLOMBOK.COM – Mengetahui kondisi kesehatan secara berkala sangat penting, sebab kita tidak akan tahu penyakit apa yang ada dalam tubuh kita tanpa adanya pemeriksaan.

Oleh karena itu BPJS Kesehatan telah memberikan kemudahan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk mengetahui kondisi kesehatan yaitu dengan melakukan Skrining Riwayat Kesehatan yang dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN.

Baca juga: BPJS Kesehatan Kian Mudahkan Peserta Akses Layanan di Fasilitas Kesehatan

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Mataram, I Nengah Dwi Jendraatmaja menjelaskan bahwa Skrining Riwayat Kesehatan ini berguna untuk mengetahui ada atau tidaknya risiko penyakit sehingga peserta dapat melakukan pencegahan secara cepat sebelum terjadinya penyakit tersebut.

“Skrining Riwayat Kesehatan yang ada dalam Aplikasi Mobile JKN ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta JKN-KIS, sehingga peserta dapat mengetahui kondisi kesehatannya sejak dini tanpa harus datang ke fasilitas kesehatan. Cukup dilakukan dari rumah melalui handphone, peserta JKN-KIS dapat mengetahui risiko penyakit yang ada dalam dirinya,” ujar Nengah

Ia pun menghimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk melakukan Skrining Riwayat Kesehatan secara berkala agar dapat mencegah risiko penyakit secara cepat dan tepat.

Baca juga: Ada Program REHAB Bagi Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Mandiri Yang Menunggak, Ini Caranya

Di kesempatan yang sama, salah satu peserta JKN-KIS yang ikut hadir dalam acara sosialisasi yaitu Wawan (31) yang merupakan peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) mengungkapkan bahwa dirinya baru mengetahui manfaat dari skrining riwayat kesehatan yang terdapat dalam salah satu fitur Aplikasi Mobile JKN.

“Saya baru tahu ternyata fitur Skrining Riwayat Kesehatandapat membantu mengetaui resiko penyakit yang kita derita. Ternyata untuk mengetahui risiko penyakit itu tidak perlu datang ke rumah sakit untuk diperiksa, cukup dari handphone ternyata kita sudah bisa mengetahui risiko penyakit tersebut. Mengaksesnya pun sangat mudah dan cepat. Kita diarahkan untuk menjawab pertanyaannya secara jujur, agar mendapatkan hasil yang akurat,” ujar Wawan.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved