Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius yang Menginfeksi Anak-anak

Mereka meninggal dalam kurun waktu berbeda dalam tempo dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Editor: Dion DB Putra
shutterstock
Ilustrasi Hepatitis. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengimbau masyarakat agar mewaspadai kasus hepatitis akut misterius yang menginfeksi anak-anak.

Kemenkes memperingatkan hal itu setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia.

Baca juga: Daftar Gejala Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 yang Wajib Diwaspadai

Baca juga: Manfaat Daun Kelor: Kurangi Peradangan, Cegah Diabetes hingga Mengatasi Disfungsi Ereksi

Mereka meninggal dalam kurun waktu berbeda dalam tempo dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Ketiga anak tersebut merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Adapun gejala yang ditemukan pada pasien anak dengan hepatitis akut meliputi demam, mual, muntah, diare berat, kuning, kejang, dan kesadaran menurun.

Gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (penyakit kuning) akut, dan gejala gastrointestinal seperti nyeri abdomen, diare, dan muntah-muntah.

Cara mencegah

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, masyarakat dapat melakukan tindakan pencegahan dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Masyarakat diminta menjaga kebersihan tangan, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Selama masa investigasi, kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan, Rabu (4/5/2022).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved