Berita Lombok Barat

Gubernur NTB Kunjungi SDN 3 Bukit Tinggi, Ada Titik Terang Pembangunan Gedung Sekolah

Para peserta didik dan guru-guru sekolah di Kabupaten Lombok Barat itu terpaksa berpencar ke hutan untuk mencari tempat belajar yang nyaman.

Penulis: Robbyan Abel Ramdhon | Editor: Dion DB Putra
TRIBUNLOMBOK.COM/ROBBYAN ABEL RAMDHON
Gubernur Nusa Tenggara Bara, Zulkieflimansyah berkunjung ke SDN 3 Bukit Tinggi, Lombok Barat, Sabtu (23/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Robbyan Abel Ramdhon

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK BARAT- Empat tahun menanti perhatian pemerintah sejak terkena dampak gempa bumi disusul proyek  bendungan, kini ada titik terang untuk  pembanguan gedung  SDN 3 Bukit Tinggi setelah dikunjungi Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Sabtu (23/4/2022).

Sebelumnya, para peserta didik dan guru-guru sekolah di Kabupaten Lombok Barat itu terpaksa berpencar ke hutan untuk mencari tempat belajar yang nyaman.

Baca juga: Hilang Konsentrasi, Pengendara Mobil Box Tabrak Tembok Pagar Warga di Lombok Tengah

Baca juga: Tak Punya BPJS Kesehatan, Seorang Pasien Anak di Bima Gagal Dioperasi

Hal itu dilakukan karena bangunan sementara yang dibuat untuk proses belajar-mengajar hanya terdiri dari dua kelas berukuran sekitar empat kali tiga meter persegi.

Mensiasati keterbatasan tersebut, tak jarang para guru harus bergiliran agar dapat menggunakan fasilitas seperti kursi, meja atau papan tulis.

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakannya secara bergantian, maka para peserta didik akan membagi fasilitas itu agar dapat digunakan dua kelompok belajar.

Konskuensinya, satu kelompok harus membopong fasiltias yang mereka perlukan ke titik-titik tertentu di tengah hutan, seperti di tepi sungai atau di bawah pohon besar.

Belum lagi akses jalan yang berbahaya bagi peserta didik maupun guru. Untuk mencapai lokasi belajar, mereka harus melewati jalan setapak yang terjal dan berbatu.

Jika hujan, maka jalanan tersebut akan menjadi licin dan penuh kubangan air.

Tak ayal, mereka pun terkadang terpaksa meliburkan diri akibat cuaca yang tidak mendukung.

Kepala SDN 3 Bukit Tinggi, Sariu berharap kedatangan Gubernur Zulkieflimansyah menjadi sinyal bagi elemen pemerintah di NTB agar lebih memperhatikan sarana pendidikan.

“Beliau (Gubernur Zulkieflimansyah) punya kekuatan untuk didengar bawahan,” kata Sariu kepada Tribunlombok.com, pascakunjungan Gubernur NTB.

Selain pembangunan gedung sementara secara sukarela oleh masyarakat hingga wali murid, SDN 3 Bukit Tinggi juga nyaris tidak pernah menerima bantuan dana untuk operasional maupun pembaruan fasilitas dan lain-lain.

“Anggaran sendiri, tidak ada dari luar,” kata Sariu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved