Breaking News:

Berita Lombok Timur

Buka Workshop Guru Menulis, Sekda Lombok Timur Tekankan Pentingnya Literasi

Muhammad Juini Taofik membuka secara resmi Workshop Guru Menulis 2022 yang berlangsung Sabtu (20/8/2022).

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Muhammad Juini Taofik pada acara Workshop Guru Menulis 2022 yang berlangsung Sabtu (20/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Dunia terus mengalami perubahan.

Pada era disrupsi saat ini sering terjadi perubahan masif yang berdampak pada perubahan sistem dan disertai ketidakpastian, setiap orang dituntut untuk mampu beradaptasi.

Kemampuan beradaptasi akan sangat bergantung pada pengetahuan. Pengetahuan, salah satunya dipengaruhi literasi yang baik.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Muhammad Juini Taofik sebelum membuka secara resmi Workshop Guru Menulis 2022 yang berlangsung Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Tegas Menjadi Penulis, Iin Farliani Wakili NTB di Ubud Writers & Readers Festival 2022

"Literasi yang baik tidak hanya tentang kemampuan membaca, tetapi juga menulis yang dilandasi pola pikir kritis," ucapnya saat membuka acara yang bertempat di Pendopo Bupati Lombok Timur.

Karena itu ia menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

Ia bahkan mencontohkan sejumlah keberhasilan literasi memajukan UMKM.

Lebih lanjut Sekda, kepada para peserta, termasuk yang hadir secara daring juga mengingatkan pentingnya memperbarui pengetahuan dan meningkatkan kapasitas.

Baca juga: Mengenal Kiki Sulistyo, Penulis Lombok Pertama Tampil di Pameran Buku Global The London Book Fair

"Upaya ini harus dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik. Karena pelayanan yang baik dikembangkan berdasarkan data objektif, namun pelayanan terbaik harus didasarkan tidak hanya data objektif melainkan pula pada pengelolaan opini," sebutnya.

Ketua Perkumpulan Penulis dan Motivator Nasional (PPMN) Provinsi NTB Wirantake yang menggagas kegiatan tersebut menggambarkan tingginya antusias masyarakat NTB termasuk Lombok Timur mengikuti kegiatan ini.

"Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, diikuti 150 orang peserta dengan beragam latar belakang dan profesi," kata Wirantake.

Diharapkan, kegiatan dengan fokus cara menulis cepat dan berkualitas serta publikasi ber-ISBN ke luar negeri tersebut dapat mengembangkan SDM, melalui budaya literasi, yaitu menulis dan publikasi.

Baca juga: Komunitas Akarpohon Rilis Buku Kumpulan Puisi Iin Farliani, Selanjutnya Tur Buku

Selain itu kegiatan ini juga menjadi wadah informasi dan berbagi ide serta gagasan, diharapkan pula dapat menumbuhkan bersama semangat menulis.

PPMN bersama Pemerintah Lombok Timur wujudkan NTB Gemilang melalui tulisan, kegiatan yang melibatkan guru penggerak Lombok Timur ini dihadiri pula Kepala Dinas perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur.

Hadir pula ketua PPMN pusat Nurbadriah.

 

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved