BPJS Kesehatan

Aplikasi SIPP Bantu Petugas PIPP FKTP Tangani Pengaduan Peserta BPJS Kesehatan

Bimbingan teknis diberikan kepada seluruh PIC Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di FKTP.

Editor: Dion DB Putra
BPJS KESEHATAN CABANG MATARAM
BPJS Kesehatan Cabang Mataram menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi SIPP untuk seluruh PIC Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan. 

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Demi meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dan penanganan pengaduan peserta di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Mataram menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Aplikasi Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP).

Bimbingan teknis diberikan kepada seluruh PIC Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di FKTP.

Baca juga: BPJS Kesehatan Mataram Perbarui Data Peserta JKN bagi Anggota TNI dan Polri

Baca juga: Public Ekpose BPJS Kesehatan Sebagai Pertanggungjawaban Kepada Publik Atas Kinerja BPJS

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Mataram, I Wayan Sumarjana menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dan pengaduan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di FKTP.

“Dengan ini, maka peserta tidak perlu bolak-balik ke kantor BPJS kesehatan untuk menyampaikan pengaduannya. Karena di setiap FKTP sudah ada petugas PIPP yang bertugas menangani keluhan peserta dan petugas PIPP pun dapat mengakses Aplikasi SIPP untuk melaporakan keluhan peserta tersebut kepada petugas PIPP BPJS Kesehatan,” ujar Wayan.

Ia juga menjelaskan beberapa kanal layanan informasi dan pengaduan yang dapat diakses oleh peserta JKN di mana dan kapan pun.

Sebut misalnya, Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di 08118165165, Chat Asistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA) dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Tidak hanya itu saja, BPJS Kesehatan pun telah menyediakan fitur-fitur yang menarik dan dapat mempermudah peserta JKN melalui Aplikasi Mobile JKN. Jadi peserta JKN tidak hanya dapat melakukan pengaduan saja di sana. Tetapi peserta dapat merubah fasilitas kesehatan, konsultasi dokter, mengetahui ketersediaan tempat tidur, bahkan sekarang BPJS Kesehatan menyediakan Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) di Aplikasi Mobile JKN untuk membantu mencicil jika ada tunggakan iuran JKN,” tambah Wayan.

Satu di antara petugas PIPP dari Puskesmas Ampenan, Urwatul Wuska yang menghadiri acara tersebut menyampaikan bahwa adanya Aplikasi SIPP ini memudahkan para petugas PIPP FKTP untuk melakukan pelaporan pengaduan peserta secara terintegrasi.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang terus melakukan terobosan terbaru untuk memberikan kepuasan kepada peserta JKN. Saya berharap dengan berjalannya waktu Aplikasi SIPP dapat terus disempurnakan sehingga dapat mempermudah kami selaku petugas dalam membantu menangani pengaduan peserta,” ujar Urwatul. (*)

Sumber: BPJS Kesehatan Cabang Mataram

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved