Kota Mataram Resmi Sabet Gelar Universal Health Coverage

Dengan tercapainya UHC per 1 Juni 2022, maka masyarakat Kota Mataram dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan semakin mudah

Dok. BPJS Kesehatan Cabang Mataram
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Sarman Palipadang bersama Walikota Mataram Mohan Roliskana saat Penandatanganan Rencana Kerja antara Pemkot Mataram dengan BPJS Kesehatan Cabang Mataram menuju UHC di Kota Mataram, Kamis (30/6/2022). 

TRIBUNLOMBOK.COM - Pemerintah Indonesia telah menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional mulai tahun 2014 demi mewujudkan jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC).

Kota Mataram merupakan kota kedua yang telah mencapai predikat UHC di Pulau Lombok setelah Kabupaten Lombok Utara.

Komitmen pemerintah Kota Mataram ini, memberikan kepastian perlindungan atas hak jaminan sosial kesehatan bagi penduduknya.

Baca juga: Sukses Pertahankan WTM, Ini Sejumlah Capaian BPJS Kesehatan di Tahun 2021

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Sarman Palipadang memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Kota Mataram yang sampai dengan 1 Juni 2022 telah berhasil memberikan jaminan kesehatan kepada 95,62 persen penduduk Kota Mataram melalui Program JKN.

“Dengan tercapainya UHC Kota Mataram, maka UHC Kota Mataram adalah UHC ke 235 di Indonesia, ke 5 di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan ke 2 di Pulau Lombok. Kami berharap, capaian UHC yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Mataram dapat menstimulasi kabupaten/kota lainnya di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan di seluruh Indonesia untuk dapat meningkatkan cakupan kepesertaan JKN di wilayah masing-masing. Dengan demikian, perlindungan kesehatan masyarakat melalui Program JKN bisa semakin luas dirasakan oleh rakyat Indonesia,” kata Sarman, Minggu (3/7/2022) dalam keterangan tertulis.

Baca juga: BPJS Kesehatan Uji Coba Telemedicine di Lombok Utara, Permudah Warga Akses Pelayanan

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Mataram, Mohan Roliskana menyampaikan bahwa dengan tercapainya UHC per 1 Juni 2022, maka masyarakat Kota Mataram dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan semakin mudah.

“Untuk masyarakat Kota Mataram yang memiliki KTP Kota Mataram yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas atau Rumah Sakit dapat didaftarkan oleh Pemerintah Kota Mataram dan langsung aktif dengan hak kelas perawatan di kelas III. Setelah itu masyarakat dapat mengakses pelayanan sesuai kebutuhan,” ujar Mohan.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved