Bulan Ramadhan

Berburu Sate Bantingan Khas Masyarakat Terara di Bulan Ramadhan

Sentra Kuliner Terara (SKT) di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur bulan Ramadhan kali ini ramai di datangi pengunjung.

Penulis: Ahmad Wawan Sugandika | Editor: Lalu Helmi
TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Penjual sate bantingan khas terara tengah melayani pembelinya. 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Sentra Kuliner Terara (SKT) di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur bulan Ramadhan kali ini ramai di datangi pengunjung.

Berbagai jenis makanan bisa pengunjung dapatkan di tempat yang menjadi pusat perdagangan masyarakat Terara ini, tak terkecuali sate khas mereka yakni sate bantingan.

Saat TribunLombok.com berkunjung ke SKT pada Jumat (22/4/2022), tercium aroma harum nan khas dari asap sate yang terbawa angin.

Baca juga: Hilang Konsentrasi, Pengendara Mobil Box Tabrak Tembok Pagar Rumah Warga di Lombok Tengah

Baca juga: ‘Matric-B’ Sepeda Listrik Bergaya Kekinian, Dilahirkan untuk Memenuhi Kebutuhan UMKM di Bima

Sebagai hidangan Ramadhan khas masyarakat Terara, sate yang di buat dari berbagai jenis daging, mulai dari sapi, ayam, hingga usus yang diolah sedimikian rupa dan tentu memiliki cita rasa dan kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya.

Nur Hasanah (45) salah seorang pedagang sate bantingan yang mengaku sudah berjualan dari turun temurun ini menyampaikan istimewanya sate bantingan ini.

"Sate bantingan menangnya di bumbu, setidaknya ada 4 macam bumbu yang bisa dinikmati, satu diantaranya bumbu rahasia yang menjadi bumbu utama dari sate bantingan sendiri," terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, sate bantingan sebelum di siram dengan tiga macam bumbu istimewa, diantaranya bumbu merah, kecap, dan kacang, sate bantingan juga terlebih dahulu di bakar dengan bumbu rahasia yang di turunkan oleh keluarganya secara turun temurun.

Biarpun rahasia, Nur Hasanah tak pelit untuk berbagi bahan dasar yang ia gunakan untuk sate bantingan ini

"Bahan dasarnya sendiri untuk bumbu lumurnya itu cabe besar, cabe kecil, bawang putih, ketumbar, gula, dan ajinomoto, semua di blender setelahnya ya tinggal oles pada sate yang telah di siapkan, kemudian di bakar," jelasnya

Halaman
123
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved