Kisaran Biaya Pembekuan Sel Telur di Indonesia yang Dilakukan Luna Maya, Simak Efek Sampingnya

Sebenarnya, apa itu egg freezing atau mature oocyte crypreservation ini? Simak kisaran biaya pembekuan sel telur di Indonesia dan efek sampingnya

Editor: wulanndari
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Artis peran Luna Maya berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas.com untuk promo film Rumah Kentang: The Beginning, Kamis (7/11/2019). 

TRIBUNLOMBOK.COM - Pengakuan Luna Maya terkait egg freezing atau pembekuan sel telur menghebohkan publik.

Sebenarnya, apa itu egg freezing atau mature oocyte crypreservation ini?

Apa saja manfaat dan efek samping pembekuan sel telur?

Lalu berapa besar biaya pembekuan sel telur di Indonesia saat ini?

Luna Maya
Luna Maya (Instagram)

Dikutip Kontan.co.id, dalam artikel Apa Itu Egg Freezing yang Dilakukan Luna Maya? Berapa Biayanya dijelaskan secara rinci tentang egg freezing.

Melansir dari Fortishealthcare, egg freezing adalah proses pembekuan sel telur, di mana dalam metode ini sel telur wanita diambil dari ovarium selanjutnya dibekukan saat tidak dibuahi dan disimpan untuk digunakan ketika wanita tersebut telah siap untuk memiliki anak.

Baca juga: Tak Pikirkan Usia untuk Menikah, Luna Maya Sudah Bekukan Sel Telur Demi Jaga Kesuburan

Adapun ketika seseorang tersebut telah siap, maka proses akan dilanjutkan dengan fertilisasi in vitro (bayi tabung). Yakni sel telur dibuahi dan kemudian ditanamkan pada rahim wanita tersebut.

Melansir dari MedicalNewsToday, wanita biasanya memasuki masa menopause di usia akhir 40-an atau awal 50-an. Adapun tahun-tahun menjelang menopause, kesuburan wanita akan menurun sehingga kecenderungan untuk hamil dan memiliki anak juga akan berkurang. Sehingga egg freezing kerap dipilih bagi mereka yang belum siap hamil pada usia lebih muda.

Egg freezing dapat menawarkan harapan untuk tetap hamil di masa depan, meski demikian kemungkinan hamil pada egg freezing tak sebesar pada kondisi telur segar.

Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan egg freezing?

Halaman
1234
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved