Breaking News:

Tips Putus Penularan Corona di Lingkungan Keluarga, Terapkan 3 M

Beberapa tips untuk cegah penularan covid-19 di antara anggota keluarga, terapkan tiga M hingga masker selalu digunakan

freepic
Ilustrasi- Beberapa tips untuk cegah penularan covid-19 di antara anggota keluarga, terapkan tiga M hingga masker selalu digunakan 

TRIBUNLOMBOK.COM - Beberapa tips untuk cegah penularan covid-19 di antara anggota keluarga, terapkan tiga M hingga masker selalu digunakan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati melaporkan, selama bulan September ini tren penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga meningkat.

Oleh karena itu, Kementerian PPPA membagikan sejumlah tips dan imbauan bagaimana cara dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di lingkungan keluarga.

"Di bulan September ini kita ketahui bersama, bahwa kasus Covid-19 juga menunjukkan tren yang meningkat dalam klaster keluarga."

"Nah untuk itu beberapa arahan Bapak Presiden kepada saya dan tentunya jajaran kami di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini adalah bagaimana kita mengkampanyekan dan sosialisasi secara masif kepada para keluarga, terutama perempuan dan anak di seluruh tanah air ini," katanya dikutip channel YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (27/9/2020).

 

Muncul Polemik, Bolehkah Tak Pakai Masker saat Sendirian di Mobil? Ini Penjelasan Dokter

Apa Itu Masker Scuba dan Buff? Masker yang Tak Dianjurkan Lawan Corona

1. Menerapkan 3 M

Sejumlah protokol yang diterapkan untuk menyambut new normal di Hotel Ciputra, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/6/2020). Protokol tersebut seperti menyediakan hand sanitizer dan cairan disinfektan, tempat cuci tangan dan sabun yang disediakan di lingkungan hotel, semua tamu dan karyawan hotel wajib menggunakan masker. Selain itu hotel menyediakan termometer untuk mengecek suhu tubuh baik bagi tamu maupun karyawan hotel. Tamu dan karyawan hotel juga diwajibkan mencuci tangan dan memakai sarung tangan ketika memasuki lingkungan hotel. Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi mencuci tangan (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Langkah pertama yang Kementerian PPPA sarankan dilakukan masyarakat saat di lingkungan keluarga terkait penyebaran Covid-19 adalah dengan menerapkan 3 M.

"Tiga M ini adalah selalu pakai masker, kemudian juga rajin mencuci tangan, menjaga jarak ini harus kita lakukan," kata Bintang.

Ia dalam kesempatan tersebut mengajak lembaga di bawah Kementerian PPPA seperti forum anak yang tersebar di 451 kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk bergandengan tangan mensosialisasikan dan mengkampanyekan 3M ini.

"Selalu pakai masker jangan kendor, demikian juga menjaga jarak dan mencuci tangan. Berkaitan dengan klaster keluarga ini ada beberapa hal-hal penting yang menjadi perhatian kita bersama, bahwa kunci disiplin mematuhi protokol kesehatan tidak hanya saat kita keluar rumah." imbuhnya.

2. Pakai Masker Walapun di dalam Rumah

WAWARAN COVID-19 - Satgas Covid-19 bersama 3 pilar Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, sedang melakukan wawaran peraturan walikota No 78/2020 tentang penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, dengan berkeliling di wilayah Rw 01 dan 02, Sabtu (19/9/2020). Didukung oleh remaja karang taruna, pekerja sosial masyarakat, kelompok sadar lingkungan dan posyandu mereka mengingatkan masyarakat akan pentingnya penggunaan masker sebagai satu cara yang efektif untuk menangkal paparan Covid-19. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Ilustrasi menggunakan masker (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Halaman selanjutnya>>>

Editor: wulanndari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved