WSBK Mandalika 2022

Fokus Sambut WSBK 2022, Potensi Sport Tourism Diperkirakan Tumbuh hingga Rp 18,7 Triliun

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati menyebut potensi pertumbuhan sport tourism bisa mencapai Rp 18,7 triliun.

Editor: Sirtupillaili
TRIBUNLOMBOK.COM/DZUL FIKRI
Foto udara Sirkuit Mandalika dengan pemandangan Pantai Serenting di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Selasa (20/9/2022). ITDC akan mengembangkan The Mandalika dengan konsep sport tourism. 

TRIBUNLOMBOK.COM – Konsep sport tourism merupakan tren pariwisata baru yang memiliki pasar cukup besar.

Potensi pertumbuhan sport tourism diperkirakan bisa mencapai hampir Rp18,790 triliun sampai dengan tahun 2024.

Sehingga sport tourism akan menjadi fokus pengembangan wisata The Mandalika, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati dalam rilisnya mengatakan, pihaknya melihat sport tourism memiliki karakter berkelanjutan.

Konsep sport tourism berkembang sesuai dengan gaya hidup dan bisa menarik repeat visitors (pengunjung berulang).

"ITDC menangkap peluang besar dalam sport tourism dan karenanya siap ikut mengembangkan sport tourism di Indonesia melalui penyelenggaraan berbagai sport event di destinasi pariwisata yang dikelola,” katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Khusus Warga NTB Dapat Diskon 50 Persen Tiket WSBK Mandalika 2022

Kawasan The Mandalika yang dikelola PT ITDC memiliki lanskap terdiri dari bukit, pantai, laut dan didukung fasilitas kawasan yang lengkap.

Sehingga potensial untuk penyelenggaraan berbagai jenis sport event seperti lari, bersepeda, surfing, beach volley, trekking, paralayang, dan lain-lain.

Posisi The Mandalika sebagai destinasi pariwisata dengan konsep sport tourism juga semakin kuat dengan adanya Pertamina Mandalika Circuit.

Serta penyelenggaraan kejuaraan balap motor bergengsi dunia MotoGP dan World Superbike.

"Event balap motor ini akan kita optimalkan sebagai attention puller sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke The Mandalika,” terang Ari.

Persiapan WSBK

Pembalap Pata Yamaha with Brixx Toprak Razgatlioglu merayakan kemenangan sebagai juara dunia di panggung Paddock WorldSBK, di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).
 
Pembalap Pata Yamaha with Brixx Toprak Razgatlioglu merayakan kemenangan sebagai juara dunia di panggung Paddock WorldSBK, di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).   (TribunLombok.com/Sirtupillaili)

Menjelang penyelenggaraan WSBK November 2022 mendatang, ITDC bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai bagian ITDC Group fokus mematangkan persiapan event.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyampaikan, ITDC Group terus mengejar persiapan WSBK yang akan berlangsung 11-13 November 2022.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved