Penjelasan Tim Bayangan Nadiem Makarim yang Beranggota 400 Orang Lengkap dengan Pekerjaannya

Nadiem Makarim mengaku 400 anggota shadow organization atau tim bayangan itu merupakan ide dari dirinya sendiri

Istimewa
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Nadiem Makarim mengaku 400 anggota shadow organization atau tim bayangan itu merupakan ide dari dirinya sendiri. 

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA - Sedang viral ucapan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim soal shadow organization atau tim bayangan di jajarannya.

Adapun shadow organization Nadiem Makarim ini bekerja sebagai product manager, software engineer, hingga data scientist.

Ketua tim bayangan Nadiem Makarim ini punya posisi setara Direktur Jenderal di Kemendikbudristek.

Lalu siapa saja tim bayangan Nadiem Makarim ini yang bahkan bikin geram DPR RI?

Baca juga: Nadiem Makarim: 140.000 Sekolah akan Gunakan Kurikulum Merdeka

Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek Prof Nizam mengatakan, shadow organization yang disebut oleh Nadiem tersebut merupakan sebuah tim Information and Technology (IT).

"Itu tim IT di bawah pusat data dan informasi (pusdatin) di bawah Sekjen," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Kepala Pusdatin Kemendikbud Ristek Hasan Chabibie menambahkan bahwa tim teknologi tersebut terdiri dari para ahli yang bertugas mengembangkan beragam platform.

"Tim teknologi yang disebutkan Mas Menteri ini adalah para ahli di bidang teknologi, data, dan aplikasi yang terlibat dalam merancang dan mengembangkan berbagai platform teknologi untuk sektor pendidikan," ujarnya terpisah, Minggu (25/9/2022).

Para anggota tim bayangan Nadiem Makarim ini bekerja dengan sistem kolaborasi dintensif dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek serta unit-unit teknis terkait.

Adapun tim tersebut IT itu berasal dari GovTech Edu yang berada di bawah PT Telkom Indonesia.

Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah, mengkritik Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, terkait tim bayangan tersebut.

"Anda boleh bangga ditepuk-tangan di PBB. Tapi bagi kami tidak. Kami tidak bangga sama sekali," ujar politisi Partai Demokrat ini di ruang rapat Komisi X DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022),

Fakta shadow organization Nadiem Makarim

1. Aspirasi Nadiem Makarim

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved