Berita Nasional

BLT untuk Anak Yatim Piatu, Lansia dan Difabel akan Disalurkan Desember Mendatang

Kabar terbaru di tengah kecamuk kenaikan harga BBM, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengumumkan akan menyalurkan bantuan.

pixabay.com
BLT untuk Anak Yatim Piatu, Lansia dan Difabel akan Disalurkan Desember Mendatang -Ilustrasi uang tunai dan gaji. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Kabar terbaru di tengah kecamuk kenaikan harga BBM, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengumumkan akan menyalurkan bantuan.

Bantuan langsung tunai (BLT) ini akan menyasar anak yatim piatu, lansia dan difabel.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, mengungkapkan ada anggaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebesar Rp400 miliar yang siap diberikan ke masyarakat.

Anggaran itu akan disalurkan sekira bulan Desember mendatang.

Baca juga: Lombok Tengah Mulai Bagikan BLT BBM, Warga: Senang Seminggu, Sengsara Selamanya

"Itu akan dipergunakan untuk di bulan Desember, kami akan menyerahkan kurang lebih targetnya 946.863 anak yatim piatu, per anak mendapat Rp200 ribu per bulan," ujar Mensos dalam konferensi pers di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (16/9/2022) yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pemerintah juga akan memberikan perhatian khusus pada lansia tanpa perawat.

"Jumlah (lansia) ada 334.011 jiwa, itu kita berikan makanan setiap hari, tetapi uangnya bisa dititipkan ke Pak RT atau Pak RW agar mereka setiap hari memberikan makanan, terutama lansia yang sudah tidak berdaya dan mereka tidak ada keluarganya," tambahnya.

Mensos Risma menambahkan, ada juga bantuan untuk penyandang disabilitas yang akan dibagikan pada bulan Desember 2022 dengan jumlah penerima ada 98.934 orang.

Baca juga: Terdampak Kenaikan Harga BBM, 8.022 Warga Kota Bima Mulai Terima BLT dan BPNT

"Jadi nilainya per harinya Rp21 ribu untuk sesuai dengan jumlah harinya. Jadi kalau yang lansia tunggal itu 31 hari (satu bulan), kemudian penyandang disabilitas 31 hari (satu bulan)," tandasnya.

 

Sumber: Tribunnews.com

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved