Pemilu 2024

KPU NTB Godok Skema Mahasiswa Jadi Penyelenggara Pemilu 2024, Bisa Dikonversi ke SKS

Saat ini draft usulan rancangan peraturan terkait pelibatan mahasiswa sebagai penyelenggara pemilu badan adhoc dalam penggodokan.

Penulis: Lalu Helmi | Editor: Dion DB Putra
DOK KPU NTB
Anggota KPU Provinsi NTB Divisi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Agus Hilman. 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Lalu Helmi

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB sedang mengatur skema pelibatan eksponen mahasiswa sebagai penyelenggara adhoc pada Pemilu 2024.

Saat ini draft usulan rancangan peraturan terkait pelibatan mahasiswa sebagai penyelenggara pemilu badan adhoc dalam penggodokan.

Demikian diungkapkan anggota KPU Provinsi NTB, Divisi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Agus Hilman saat menjadi narasumber pada Coffee Morning KPU NTB bertajuk Rembuk Bareng Stakeholder Sukseskan Pemilu 2024 di Mataram, Jumat (2/9/2022).

"Yang pasti usulan pelibatan mahasiswa sebagai badan adhoc di KPPS sudah kita rumuskan. Ini karena kami punya modal dasar, berupa MoU dengan PTN dan PTS di NTB terkait pendidikan pemilih yang sudah ditandatangani dan tinggal dilanjutkan saja," kata Hilman.

Menurut Hilman, pelibatan kalangan mahasiswa sebagai petugas pemilu adalah upaya KPU mengurai problem Pemilu yang terjadi sebelumnya di tataran penyelenggara adhoc.

Apalagi, kata dia, perhelatan Pemilu 2019 lalu, menyisakan duka tersendiri, yakni banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia, dan lainnya jatuh sakit.

"Jadi, pelibatan mahasiswa sebagai panitia pemilu, adalah upaya kami mengurai problem Pemilu selama ini. Hal ini juga sekaligus sebagai ruang bagi mereka untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pelaksanaan pemilu," kata Hilman.

Agus Hilman berharap seluruh pengelola maupun rektorat Perguruan Tinggi (PT), baik negeri dan swasta bisa menyukseskan rencana tersebut.

Apalagi pelibatan kampus tersebut bisa dikonversi menjadi bagian dari Satuan Kredit Semester (SKS), misalnya melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved