Berita Lombok Timur

Bupati Lombok Timur Puji Sembalun sebagai Destinasi Fenomenal dengan Potensi Wisata dan Produk Lokal

Bupati Lombok Timur Sukiman menegaskan berbagai potensi perlu dioptimalkan baik itu wisata, event, hingga produk lokalnya

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy mengikuti rangkaian kegiatan Rinjani Color Run 2022 di Sembalun, Lombok Timur, Sabtu (20/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy menyebut Sembalun menjadi destinasi wisata yang fenomenal.

Sukiman menegaskan berbagai potensi perlu dioptimalkan baik itu wisata, event, hingga produk lokalnya.

Hal ini disampaikan Bupati saat ditemui TribunLombok.com pada event Rinjani Color Run 2022, Sabtu (20/8/2022).

"Sembalun Fenomenal, tidak ada duanya, Geopark, TNGR, hingga dengan Seven Summit, tidak ada duanya di dunia," ucapnya.

Baca juga: 1.100 Peserta Meriahkan Rinjani Color Run 2022 di Sembalun Lombok Timur

Karena itu, lanjut Bupati, perlu dipasarkan ke kancah internasional, supaya para wisatawan luar akan berbondong-bondong ke Sembalun.

"Bayangkan wisatawan dari Jakarta ke Sembalun, dari mancanegara ke Sembalun, bahkan hari ini yang meninggal di Gunung Rinjani wisatawan berkewarganegaraan Israel ke Sembalun. Kita punya Sembalun layak dipasarkan ke dunia, dan silahkan datang ke Sembalun," tegasnya.

Sukiman berharap semua pihak harus turun tangan mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki Kecamatan Sembalun ini.

"Pemda Kabupaten, Pemda Provinsi, BTNGR, semua harus bersama, duduk bersama-sama, memperbaiki agar ekosistem Sembalun tetap sama seperti yang dulu. Namun pengoptimalan harus dilakukan," sebutnya.

Bupati melihat optimalisasi destinasi wisata di Sembalun ini dilakukan dengan penjadwalan event yang saat ini sudah dilakukan Pemkab Lombok Timur.

"Melihat berbagai evet yang sudah digelar di Sembalun luar biasa. Oleh karenanya kita jadwalkan agar wisatawan tahu kapan datang ke Sembalun nantinya," papar Sukiman.

Berbagai event yang digelar beberapa waktu belakangan juga menandakan ekonomi di Sembalun dan Lombok Timur pada umumnya sudah mulai bangkit.

Baca juga: 77 Bendera Merah Putih Berkibar dengan Latar Belakang Gunung Rinjani di Bukit Malang Lombok Timur

Sukiman menyampaikan, Lombok Timur juga saat ini sedang berusaha bekerjasama dengan TNGR membangun berbagai rute perjalanan pendakian Gunung Rinjani.

"Kita adakan perbaikan jalan dari pos 1 dan pos 2, untuk mempersingkat perjalanan dari 8 jam sampai 4 jam. Datanglah ke Sembalun, rutenya singkat, naik ke Rinjani juga sudah mengalami perkembangan yang luar biasa," tutupnya.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved