Universitas Hamzanwadi Dapat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ke ITB hingga UI

PMM merupakan program unggulan untuk mahasiswa mengikuti pembelajar di luar program studi dan perguruan tinggi yang bersifat kompetisi

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Sejumlah mahasiswa Universitas Hamzanwadi dilepas untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Sejumlah mahasiswa Universitas Hamzanwadi dilepas untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Mereka dilepas untuk belajar di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia.

"Puluhan mahasiswa kita di fakultas teknik berhasil lulus di program PMM dan diterima di ITB, ITN, UI, UDINUS, Universitas AMIKOM, Universitas Teknokrat dan lainnya," ungkap Wakil Rektor Universitas Hamzanwadi Khirjan, dikonfirmasi melalui Direktur Kerjasama Universitas Hamzanwadi M Halqi, Jumat (12/8/2022).

Menurut Khirjan, PMM merupakan program unggulan untuk mahasiswa mengikuti pembelajar di luar program studi dan perguruan tinggi yang bersifat kompetisi.

Baca juga: Universitas Hamzanwadi Raih Hibah Kampus Merdeka, Kirim Mahasiswa Magang Industri di 2 Perusahaan

"Patut kita syukuri, hampir semua program studi di kampus kita ada mahasiswa yang mendapatkan program itu. Kecuali dua prodi yakni program studi sejarah dan farmasi," ujar doktor jebolan UNY itu.

Tujuan Program PMM ini untuk meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam mengelola program pertukaran mahasiswa dan meningkatkan kerja sama lintas perguruan tinggi.

Melalui PMM ini diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman kuliah di perguruan tinggi di Indonesia selama satu semester atau 6 bulan.

"Termasuk pengembangan keilmuan mereka di luar kampus mereka sendiri," cetusnya.

Khirjan menyebut PMM ini memiliki ciri khas baru dalam menciptakan ruang jumpa yang dinamis antara mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi melalui kegiatan akademik dan non-akademik.

Di sana mereka disiapkan ruang membahas keragaman budaya wilayah setempat. Bahkan, PMM ini memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah di perguruan tinggi yang berbeda lokasi.

Baca juga: Mahasiswa Farmasi Universitas Hamzanwadi Magang Industri, Harap Dapat Gali Kekayaan SDA Lombok

Ia menjelaskan, mahasiswa melaksanaan PMM ini sudah memiliki modul sendiri yakni Modul Nusantara sebagai salah satu karakter khusus.

"Modul Nusantara ini mencakup aktivitas penjelajahan dan kebhinekaan di kawasan perguruan tinggi bagi mahasiswa," pungkasnya.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved