MXGP Samota 2022

Jelang MXGP Samota, Dispar NTB Siapkan Rumah Warga sebagai Alternatif Penginapan

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat menyediakan sejumlah akomodasi alternatif penginapan saat event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota 2022.

Penulis: Patayatul Wahidah | Editor: Sirtupillaili
TRIBUNLOMBOK.COM/GALAN REZKI WASKITA
Sejumlah alat berat mengerjakan lahan di lokasi Sirkuit MXGP Samota Sumbawa, Selasa (10/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Patayatul Wahidah

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Untuk memastikan ketersediaan akomodasi selama Motocross Grand Prix (MXGP) Samota, Juni 2022, Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyediakan sejumlah alternatif penginapan.

Selain camping ground dan hotel terapung, Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi pun memaksimalkan rumah warga lokal sebagai alternatif kamar penginapan.

Pihaknya pun terjun langsung ke desa wisata di Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa Besar.

Rencananya rumah warga yang ada di desa wisata tersebut akan dialih fungsikan menjadi homestay bagi penonton MXGP Samota.

“Untuk pemanfaatan rumah warga akan dimaksimalkan di desa-desa sekitar penyelenggaraan MXGP Samota,” ujar Yusron dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Irwasda Polda NTB Minta Keterbukaan Informasi Terkait Persiapan MXGP

Dalam kunjungannya ke desa wisata tersebut, Yusron didampingi oleh Camat Labuhan Badas Awaluddin Safari untuk mengecek secara langsung kesiapan rumah warga yang berada di Kecamatan Labuhan Badas.

“Kami akan mengecek langsung dan terus berkoordinasi dengan camat dan kepala desa setempat untuk memantapkan akomodasi penonton MXGP Samota,” tambahnya.

Jumlah ketersediaan rumah warga yang berada di empat Kecamatan yakni Kecamatan Labuhan Badas, Moyo Hilir, Moyo Utara, dan Unter Iwes mencapai 800 kamar.

Nantinya rumah warga tersebut akan melalui proses kurasi setelah dilakukan pengecekan secara langsung.

Baca juga: Inilah Lima Tempat Parkir untuk Penonton MXGP Samota yang Bisa Tampung 1.900 Unit Kendaraan

Sebelumnya, Yusron mengatakan, kebutuhan penginapan untuk penonton Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni 2022 mencapai 10 ribu kamar.

Dengan asumsi penonton MXGP Samota sebanyak 100 ribu orang penonton yang terdiri dari penonton lokal dominan 80 persen dan 20 persen penonton dari luar NTB.

Sehingga setidaknya dibutuhkan 10 ribu kamar untuk 20 ribu orang.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved