Berita Mataram

Soal Bantuan Subsidi Upah Pekerja Dengan Gaji Dibawah 3 Juta, Disnakertrans NTB: Belum Ada Pedoman

Hingga kini kapan waktu pencarian BSU tersebut belum bisa dipastikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Penulis: Patayatul Wahidah | Editor: Lalu Helmi
TRIBUNLOMBOK.COM/PATAYATUL WAHIDYAH
I Putu Gede Putu Aryadi Kepala Disnakertrans NTB. 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Patayatul Wahidah

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Sepekan berlalu sejak kabar Bantuan Subsidi Upah (BSU) tenaga kerja dengan gaji Dibawah Rp 3 juta beredar.

Hingga kini kapan waktu pencarian BSU tersebut belum bisa dipastikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Meskipun persyaratan penerima BSU telah disebutkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) namun I Putu Gede Putu Aryadi Kepala Disnakertrans mengatakan saat ini pihaknya belum menerima pedoman BSU.

Baca juga: Sambut Nuzurul Quran, Ponpes Rumah Quran NW Ajak Santri Cinta Al-Quran Melalui Karantina Ramadhan

Baca juga: Presiden Jokowi Teken PP THR dan Gaji ke-13 PNS 2022, Tunjangan Kinerja Naik 50 Persen

“Belum kita terima sampai saat ini,” kata Aryadi saat dihubungi Tribunlombok.com, Jumat, 15 April 2022.

Oleh karena itu Disnakertrans NTB belum bisa memastikan kapan BSU di NTB bisa dicairkan.

“Belum bisa kita pastikan karena belum ada pedoman,” jelasnya.

Merujuk dari laman Kemnaker syarat pekerja yang berhak menerima BSU sebesar Rp 1 juta yakni Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK.

Lalu, pekerja merupakan peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) s/d Juni 2021.

Mempunyai gaji paling banyak Rp 3,5 juta.

Kemudian, Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah

Terakhir, Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

Adapun untuk memastikan apakah anda termasuk penerima BSU yang sesuai dengan kriteria di atas, dapat melakukan pengecekan melalui laman website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

 

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved