Breaking News:

Libur Natal dan Tahun Baru

Pengguna Jalan Bebas Hambatan Selama Libur Nataru Naik 34,5 Persen

Prediksi kendaraan yang meninggalkan maupun kembali ke Jabotabek paling terbesar adalah menuju atau dari arah Timur yaitu arah Trans Jawa dan Bandung.

Editor: Dion DB Putra
KOMPAS.COM
Ilustrasi. Prediksi puncak arus kendaraan meninggalkan Jabotabek akan jatuh pada hari Jumat 24 Desember 2021. 

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan layanan operasional jalan tol di seluruh ruas pada periode libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita menjelaskan, prediksi puncak arus kendaraan meninggalkan Jabotabek akan jatuh di hari Jumat 24 Desember 2021.

Baca juga: Kebutuhan Nataru di Kota Mataram Meningkat, Inflasi Desember 2021 Diprediksi Naik

Baca juga: Tempat Wisata Boleh Dibuka Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2022

"Arus lalin akan meningkat 34,5 persen dari lalin normal periode November 2021," kata Atika saat Konferensi Pers Virtual bertajuk Jasa Marga Siaga Operasional Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Rabu 22 Desember 2021.

Prediksi kendaraan yang meninggalkan maupun kembali ke Jabotabek paling terbesar adalah menuju atau dari arah Timur yaitu arah Trans Jawa dan Bandung.

“Sedangkan arus kembali ke Jabotabek jatuh pada hari Minggu 2 Januari 2022 dengan volume lalin meningkat 26,5 persen dari lalin normal periode November 2021," ucap Atika.

Ia memastikan Jasa Marga akan mengantisipasi kemungkinan kepadatan lalu lintas, di antaranya mengoptimalkan kapasitas lajur dan memastikan bahu jalan bersih dari gangguan kendaraan.

Pihaknya akan menangani lokasi rawan kepadatan yang telah diidentifikasi di sejumlah ruas jalan tol Jasa Marga Group.

“Kami juga menghentikan sementara pekerjaan konstruksi yang berdampak pada kelancaran arus lalu lintas di jalan tol sesuai dengan instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," lanjutnya.

Jasa Marga juga melakukan upaya kuratif dan preventif genangan di jalan tol mengingat tingginya curah hujan.

Atika menambahkan seluruh petugas operasional di lapangan sudah divaksin penuh dalam tim satuan tugas (satgas) Jasa Marga Siaga Nataru dan Penanggulangan Kondisi Darurat.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved