Breaking News:

Kemenparekraf Ajak Masyarakat Mengenal Kuliner Khas Aceh lewat Aceh Culinary Festival

Diharapkan selain memperkenalkan kuliner dan budaya Aceh kepada masyarakat, festival ini bisa menjadi magnet pariwisata bagi Aceh

Editor: Wulan Kurnia Putri
ISTIMEWA
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (kanan), membuka event Aceh Culinary Festival secara daring. 

TRIBUNLOMBOK.COM – Tak hanya tari Saman, bumi tanah rencong Aceh juga terkenal akan kekayaan kulinernya.

Kekayaan kuliner Aceh ini pun semakin mendapatkan tempat lewat Aceh Culinary Festival (ACF) yang kali digelar secara virtual pada tanggal 27-29 Agustus 2021 lalu.

Diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar, festival ini menghadirkan lebih dari 100 pengusaha makanan dan UKM Aceh yang hadir untuk mempromosikan produk mereka.

Uniknya, festival yang telah digelar tujuh tahun berturut-turut ini bisa dinikmati lewat Aceh Food Apps, aplikasi e-commerce berbasis jasa pesan antar makanan hasil buatan web developer lokal.

Lewat aplikasi tersebut, pengunjung dapat secara langsung mengeksplorasi ragam kuliner Aceh yang jadi favoritnya.

Sebut saja, makanan seperti kari, martabak, hingga ayam tangkap dengan rasa gurihnya, kemudian memesannya, dan langsung di antarkan ke rumah masing-masing.

Diharapkan selain memperkenalkan kuliner dan budaya Aceh kepada masyarakat, festival ini bisa menjadi magnet pariwisata bagi Aceh hingga pada akhirnya dikenal seantero dunia.

"Aceh Culinary Festival tahun ini memberikan pengalaman kuliner yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu diselenggarakan secara virtual melalui Aceh Food Channel pada platform YouTube, serta menghadirkan aplikasi pesan antar kuliner, Aceh Food Apps," ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia saat membuka acara secara live streaming.

Sandiaga juga mengungkapkan, acara ACF kali ini dapat menjadi titik balik menggerakkan roda perekonomian yang terpuruk akibat pandemi, sehingga nantiya dapat membangkitkan peluang usaha dan menyediakan lapangan kerja di bidang kuliner.

Sependapat dengan Sandiaga, Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga menganggap kehadiran ACF bisa menjadi jawaban untuk mengatasi masalah ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved