Sirkuit Mandalika

Sandiaga Uno Tes Sirkuit Mandalika, Pastikan Pembangunan Perhatikan Aspek Sosial dan Lingkungan 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjajali lintasan Sirkuit Mandalika yang sedang dibangun, Kamis (6/5/2021).

(Dok. Diskominfotik NTB)
KUNJUNGAN: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjajali lintasan Sirkuit Mandalika dengan sepeda listrik buatan NTB, Kamis (6/5/2021). (Dok. Diskominfotik NTB) 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sirtupillaili

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjajali lintasan Sirkuit Mandalika yang sedang dibangun, Kamis (6/5/2021).

Tidak mempakai motor balap, Sandiaga Uno bersama Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah mencoba lintasan sirkuit dengan sepeda listrik buatan NTB.

Menteri meninjau progres pembangunan sirkuit yang saat ini masih dalam pengerjaan.

Kepada media, Menteri Sandiaga Salahudin Uno memastikan proses pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, termasuk sirkuit berpedoman pada environmental, social dan governance (ESG).

KUNJUNGAN: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjajali lintasan Sirkuit Mandalika dengan sepeda listrik buatan NTB, Kamis (6/5/2021). (Dok. Diskominfotik NTB)
KUNJUNGAN: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjajali lintasan Sirkuit Mandalika dengan sepeda listrik buatan NTB, Kamis (6/5/2021). (Dok. Diskominfotik NTB) ((Dok. Diskominfotik NTB))

"Selain kementerian sendiri memiliki panduan yang ketat, ITDC dengan pendanaan yang multilateral sangat berpegang pada ESG tadi,” kata Sandiaga di Mandalika, Kamis (6/5/2021).

Investasi yang berbasis ESG berarti elemen-elemen dalam proses usahanya memperhatikan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik.

Menandai kunjungan kerja dua hari di Lombok, Menteri Sandiaga menerima penyerahan pengadaan lahan 6,5 hektare dalam penetapan lokasi (Penlok) 2 untuk sirkuit MotoGP dari BPN.

Baca juga: Kunjungi Lombok, Menteri Sandiaga Uno Nyebur di Gili Trawangan

Baca juga: Pemilik Lahan di Sirkuit MotoGP Mandalika Terima Rp 85 Miliar, Kemenkumham Mengawasi  

Begitupula dengan Penlok 1 yang ganti ruginya sudah dibayarkan.

Oleh karena itu, selain memastikan pembangunan infrastruktur berjalan, aspek lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat, serta pelaku pariwisata NTB akan ditata kembali.

Masyarakat yang mendapatkan ganti rugi pembayaran lahan akan didampingi dan diberikan pelatihan untuk usaha.

"Mulai November tahun ini untuk Superbike sampai tahun depan Mandalika akan mulai dikunjungi ribuan orang. Ini peluang bagi masyarakat," jelas Sandi.

Baca juga: Update Kasus Corona di Indonesia 6 Mei 2021: Tambah 5.647 Positif, 5.440 Sembuh, 147 Meninggal

Baca juga: Kepala Bappenas: MotoGP Mandalika Jadi Pertaruhan Nama Indonesia di Mata Dunia

Untuk memastikan sukses penyelenggaraan event internasional itu, vaksinasi dan penerapan cleanliness, health, safety, and environmental (CHSE) di destinasi wisata terbukti diakui masyarakat internasional.

Seperti gelaran Bali Democracy Forum. ”Penegakan protokol kesehatan tidak boleh berhenti," tegas Sandiaga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved