Breaking News:

BPKP Nilai Pengelolaan Keuangan Pemprov NTB Cukup Bagus di Masa Pandemi Covid-19

BPKP NTB memberi penilaian positif terhadap laporan keuangan dan pembangunan Pemprov NTB tahun 2020.

Dok. Diskominfotik NTB
KEUANGAN: Kepala BPKP Perwakilan NTB Dessy Adin (kanan), saat silaturahmi dengan Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, Kamis (11/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sirtupillaili

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi NTB memberi penilaian positif terhadap laporan keuangan dan pembangunan Pemprov NTB tahun 2020.

Di masa pandemi, lembaga tersebut menilai pengelolaan keuangan dan pembangunan dilaksanakan sesuai ketentuan, terutama efektivitas pengelolaan anggaran penanganan Covid-19.

"Pengelolaan dan penggunaan keuangan, baik untuk penanganan Covid-19 ataupun keuangan pembangunan oleh Pemprov NTB positif," kata Kepala BPKP Perwakilan NTB Dessy Adin, saat silaturahmi dengan Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, Kamis (11/2/2021).

Dalam kunjungan itu, Ia menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) dari BPKP Perwakilan NTB kepada Pemprov NTB.

KEUANGAN: Kepala BPKP Perwakilan NTB Dessy Adin (kanan), saat silaturahmi dengan Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, Kamis (11/2/2021) 
KEUANGAN: Kepala BPKP Perwakilan NTB Dessy Adin (kanan), saat silaturahmi dengan Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, Kamis (11/2/2021)  (Dok. Diskominfotik NTB)

BPKP, kata Dessy Adin, terus mengawal dan memberikan pendampingan atas pengelolaan anggaran bagi pembangunan.

“Dalam kondisi Covid-19, saat ini BPKP juga mengawal akuntabilitas penggunaan anggaran Covid-19 yang telah direfoccussing dari APBD, termasuk evektivitas penggunaan angaran lainnya," katanya.

Selain itu, sistem Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang ditangani masing-masing inspektorat baik di provinsi ataupun kabupaten/kota juga membantu BPKP dalam pendampingan penggunaan keuangan daerah.

BPKP prinsipnya menjalan tupoksinya lebih pada upaya pembinaan dan pencegahan penyalahgunaan keuangan negara.

Supaya dana dibelanjakan secara benar dan mengikuti aturan.

KEUANGAN: Kepala BPKP Perwakilan NTB Dessy Adin (kanan), saat silaturahmi dengan Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, Kamis (11/2/2021)
KEUANGAN: Kepala BPKP Perwakilan NTB Dessy Adin (kanan), saat silaturahmi dengan Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, Kamis (11/2/2021) (Dok. Diskominfotik NTB)

“BPKP bersama inspektorat tetap memberikan asistensi kepada pemda untuk mengawal pengelolaan keuangan daerah," katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah berterima kasih kepada BPKP NTB yang konsisten dengan tugas dan fungsinya memberikan pendampingan dan pengawasan pengelolaan keuangan di NTB.

“Kami berharap sinergi dan kerja sama pendampingan tetap dilakukan dengan hasil yang semakin membaik tentunya,” tandasnya.

(*)

Penulis: Sirtupillaili
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved