Berita Lombok Timur

Pemda Lombok Timur Salurkan Bantuan Miliaran Rupiah untuk Korban Gempa di Cianjur

Hal tersebut disampaikan Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy saat konferensi pers di Ruang Rapat Bupati, pada Jumat (9/12/2022). 

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Pemda Lombok Timur Salurkan Bantuan Miliaran Rupiah untuk Korban Gempa di Cianjur - Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy saat konferensi pers tentang penyaluran bantuan gempa di Cianjur, Jawa Barat di Ruang Rapat Bupati, pada Jumat (9/12/2022). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika 

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur melalui Dinas Sosial dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Lombok Timur akan menyerahkan bantuan untuk korban gempa Cianjur.

Bantuan yang akan disalurkan tersebut sebesar Rp1,246,876,700 (satu miliar dua ratus empat puluh enam ribu tujuh ratus rupiah).

Hal tersebut disampaikan Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy saat konferensi pers di Ruang Rapat Bupati, pada Jumat (9/12/2022). 

"Hari ini saya bersama Kadis Sosial dan Kabag Kesra dalam rangka partisifasi mengatasi kesulitan masyarakat di Cianjur, maka pemda beriktiar mengumpulkan donasi dari seluruh jajaran pemda dan masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Korupsi Alsintan Rp3,81 miliar, Eks Anggota Dewan dan Mantan Kadis Pertanian Lombok Timur Ditahan

Lebih lanjut Bupati menerangkan, dana yang sudah terkumpul berasal dari 61 OPD di Lombok Timur. 

Selain dari lingkup pemda, ada juga partisifasi Lembaga Suadaya Masyarakat (LSM) yang memberikan bantuan yakni Inspiratif Lombok Smart (ILS) sebanyak Rp8 juta. 

Teknisnya untuk pengumpulan dana yang ada dari 21 Kecamatan di Lombok Timur melalui masjid. 

Sebanyak 1465 masjid diintruksikan untuk membagi 10 persen hasil sumbangan masyarakat yang dikumpulkan setiap hari Jumat.

Baca juga: Keliling Rumah Minta Sumbangan, Wanita Berpakaian Serba Putih Resahkan Warga, Polisi: Kena Pinjol

"Kita intruksikan setiap camat itu mengumpulkan dari masjid, kita punya 1465 masjid kita suruh mereka menyisihkan 10 persen dari sumbangan masyarakat, namun dari sejumlah masjid ada juga yang menyumbangkankan 100 persen sumbangan yang dia peroleh," ungkap Bupati. 

Hingga sampai dengan saat ini, jumlah dana yang terkumpul lebih dari Rp1,2 miliar. 

Adapun Kecamatan dengan jumlah sumbangan tertinggi dari 21 kecamatan yang ada di Lombok Timur adalah Kecamatan Surelaga dengan jumlah Rp111 juta lebih. 

"Ini masih kondisi sementara sampai dengan hari ini, masih ada peluang untuk bertambah," ungkapnya. 

Baca juga: Lesti kejora, Rizky Billar dan Rudy Salim Kunjungi Korban Gempa Cianjur Menggunakan Helikopter

Mengenai teknis pengiriman, berdasarkan pengalaman gempa Lombok pada tahun 2018 silam, Pemda Lombok Timur akan menyalurkan bantuan dalam bentuk uang kes. 

Karena mengingat keperluan yang dibutuhkan masyarakat, itu diketahui oleh mereka yang ada di lapangan.

Nantinya juga untuk dana tersebut akan dibagi sesuai keperluan, di antaranya Rp1 miliar yang akan diserahkan langsung ke Bupati Cianjur, sisanya untuk LSM yang fokus mengadakan trauma healing. 

Lebih lanjut, bupati memberikan apresiasi bagi semua pihak yang telah berdonasi untuk korban gempa di Cianjur Jawa Barat. 

Baca juga: Terjebak Reruntuhan Rumah Bersama Anak Selama 1,5 Jam Akibat Gempa Cianjur, Aisyah: Susah Napas

"Saya terima kasih kepada ASN yang luar biasa mendukung kegiatan ini. Begitu pun dengan Kecamatan Suralaga yang menjadi Kecamatan dengan sumbangan tertinggi," sebutnya. 

 

Bergabung dengan Grup Telegram TribunLombok.com untuk update informasi terkini: https://t.me/tribunlombok.

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved