Piala Dunia 2022

Belanda Lolos ke Babak 16 Besar sebagai Juara Grup A Didampingi Senegal, Ekuador Tersingkir

Cody Gakpo (26') dan Frenkie de Jong (50') mengantar Belanda unggul 2-0 atas Qatar yang sudah pasti tersingkir sebelum pertandingan itu.

Penulis: Dionisius DB Putra | Editor: Dion DB Putra
AFP/KARIM JAAFAR
Penyerang Belanda Cody Gakpo merayakan gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola Grup A Piala Dunia 2022 Qatar antara Belanda dan Qatar di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha pada 29 November 2022. Belanda menang 2-0 dan lolos ke babak 16 besar. 

TRIBUNLOMBOK.COM, DOHA - Timnas Belanda lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah unggul 2-0 atas Qatar pada laga penentu Grup A Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) malam.

Belanda keluar sebagai juara Grup A dengan koleksi 7 poin. Tim Oranye didampingi Senegal yang pada  laga Grup A lainnya mengalahkan Ekuador 2-1. Senegal total mengumpulkan 6 poin.

Baca juga: Hasil Piala Dunia: Belanda dan Senegal Sementara Unggul 1-0 atas Lawan-lawannya

Dalam daftar klasemen akhir Grup A, Ekuador berada di peringkat ketiga dengan poin 4 dan Qatar di posisi terakhir tanpa poin.

Lawan Belanda di babak 16 besar adalah tim runner-up Grup B, sedangkan Senegal akan melawan juara Grup B.  Grup B dihuni Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales. 

Cody Gakpo (26') dan Frenkie de Jong (50') mengantar Belanda unggul 2-0 atas Qatar yang sudah pasti tersingkir sebelum pertandingan itu.

Di tempat lain, Kalidou Koulibaly mengantar Senegal memimpin 2-1 atas Ekuador. Sepakan penalti Ismaila Sarr (44') membuka skor partai Ekuador vs Senegal.

Ekuador sempat menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Moises Caicedo (67'). Sebenarnya skor seri cukup bagi Ekuador untuk menyegel tiket 16 besar.

Namun, Senegal bisa unggul lagi lewat sepakan sang kapten, Kalidou Koulibaly (70'). Skor itu bertahan hingga laga berakhir. Dengan demikian Ekuador tersingkir menyusul Qatar.

Pemain Ekuador Angelo Preciado berduel dengan Ismaila Sarr (18) dari Senegal dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, 29 November 2022.
Pemain Ekuador Angelo Preciado berduel dengan Ismaila Sarr (18) dari Senegal dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, 29 November 2022. (AFP/ISSOUF SANOGO)

Pada babak pertama, gol Cody Gakpo membawa Belanda memimpin 1-0 atas Qatar. Senegal unggul 1-0 atas Ekuador hasil tendangan penalti Ismaila Sarr pada menit ke-44.

Pertandingan akhir Grup A Piala Dunia 2022 ini berlangsung pada saat yang bersamaan.
Duel Belanda vs Qatar bergulir di Stadion Al Bayt, Al Khor. Sedangkan laga Ekuador vs Senegal tersaji di Stadion Internasional Khalifa, Ar-Rayan, Qatar.

Cody Gakpo mengantar Belanda sementara unggul 1-0 atas Qatar pada menit ke-26.

Gol Gakpo hasil kerja sama dengan Memphis Depay dan Davy Klaassen. Di Grup A, Qatar sudah pasti tersingkir karena telah menderita dua kekalahan.

Menang atau seri sudah cukup bagi Belanda dan Ekuador untuk mengamankan tiket ke fase gugur Piala Dunia 2022. Sedangkan Senegal mesti menang atas Ekuador.

Senegal memimpin berkat gol penalti dari Ismailla Sarr pada menit ke-44. Senegal dapat hadiah penalti dari wasit setelah bek Ekuador, Piero Hinciape, melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved