Piala Dunia 2022

Profil Timnas Jepang : Tak Gentar Berduel Melawan Jerman dan Spanyol

Jepang pertama kali lolos ke Piala Dunia 1998 di Prancis. Sejak itu timnas Jepang tak tertahankan. Mereka selalu lolos ke putaran final Piala Dunia.

Editor: Dion DB Putra
IG@japan_football
Tim nasional sepak bola Jepang. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Jepang di masa lalu bukanlah negara yang menggandrungi sepak bola. Negeri itu lebih terkenal lewat cabang olahraga individu terutama beladiri seperti judo atau karate.

Sepak bola Jepang baru menggeliat awal 1990-an saat mereka mulai menggulirkan liga profesional.

Dalam dua dasawarsa terakhir timnas Jepang telah menjelma menjadi satu di antara raksasa Asia. Prestasi timnas Jepang tidak kalah dibandingkan timnas Korea Selatan, timnas Arab Saudi yang sebelumnya sangat dominan.

Baca juga: Profil Timnas Kamerun : Rigobert Song yakin Bisa Melangkah Lebih Jauh

Baca juga: Profil Timnas Maroko: Siap Bersaing dengan Tim Terbaik Dunia

Jepang pertama kali lolos ke Piala Dunia 1998 di Prancis. Sejak itu timnas Jepang tak tertahankan. Mereka selalu lolos ke putaran final Piala Dunia.

Sampai tahun 2022 ini timnas Jepang tercatat sudah tujuh kali merasakan kompetisi Piala Dunia.

Sejauh ini pencapaian terbaik timnas Jepang adalah lolos ke babak 16 besar yaitu di Piala Dunia 2002, Piala Dunia 2010 dan Piala Dunia 2018. Selebihnya langkah timnas Jepang terhenti di fase grup atau babak penyisihan.

Selain lolos tujuh kali beruntun ke putaran final Piala Dunia, Jepang juga sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan.

Keduanya merupakan negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Qatar akan menjadi negara Asia ketiga sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Berikut ini sekilas profil timnas Jepang yang memastikan langkah mereka sebagai kontestan Piala Dunia 2022 sejak Maret 2022.

Samurai Biru, julukan mereka, dipastikan tampil di turnamen bergengsi empat tahunan itu seusai keluar sebagai pemuncak klasemen Kualifikasi Piala Dunia zona Asia Grup A.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved