Piala Dunia 2022

Profil Timnas Korea Selatan: Kenangan Manis di Tanah Air Sendiri

Sejak tahun 1986 timnas Korea Selatan tidak pernah absen di Piala Dunia. Sebuah prestasi yang sangat konsisten dan stabil.

Editor: Dion DB Putra
FIFA.COM
Stadion Al Bayt, satu di antara delapan venue Piala Dunia 2022. Timnas Korea Selatan bergabung di Grup H bersama Ghana, Portugal, dan Uruguay. 

TRIBUNLOMBOK.COM- Sampai saat ini belum ada negara Asia yang menyamai prestasi timnas Korea Selatan di ajang Piala Dunia.

Korea Selatan bisa dilukikan sebagai raja sepak bola Asia. Mereka langganan juara Asia dan juga tim langganan yang lolos ke putaran final Piala Dunia.

Sampai tahun 2022 ini timnas Korea Selatan tercatat 11 kali menjadi kontestan Piala Dunia. Pertama kali timnas Korea Selatan lolos ke Piala Dunia 1954.

Baca juga: Timnas Spanyol Pilih Universitas Qatar sebagai Markas Selama Piala Dunia 2022

Baca juga: Profil Stadion Lusail Qatar, Terbesar di Antara Delapan Venue Piala Dunia 2022

Setelah vakum lebih dari 30 tahun, timnas Korea Selatan kembali ke ajang Piala Dunia 1986 di Meksiko saat Argentina juara dan Diego Maradona mencapai puncak kariernya sebagai bintang bola.

Sejak tahun 1986 timnas Korea Selatan tidak pernah absen di Piala Dunia. Sebuah prestasi yang sangat konsisten dan stabil.

Pencapaian terbaik timnas Korea Selatan adalah lolos ke semifinal Piala Dunia 2002 di tanah airnya sendiri.

Korea Selatan pun menjadi negara Asia pertama yang mencapai level setinggi itu. Piala Dunia 2002 menyimpan kenangan manis bagi tim negeri gingseng tersebut.

Pada Piala Dunia 2010 timnas Korea Selatan mencapai babak 16 besar. Sedangkan selebihnya timnas Korea Selatan kandas di fase penyisihan grup.

Di Piala Dunia Qatar 2022 mulai 21 November hingga 18 Desember 2022, timnas Korea Selatan harus kerja ekstra keras untuk lolos dari fase grup.

Hal itu bisa dimengerti karena Taeguk Warriors, julukan timnas Korea Selatan, tergabung dalam grup berat.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved