Berita Lombok Barat

Buka MTQ Desa Sekotong Tengah, Wabup Lombok Barat Ajak Luruskan Niat Lillahi Ta’ala

Wakil Bupati Lombok Barat, Sumiatun membuka gelaran Musabaqah Tilawatul Qur'an (MTQ) ke-4 Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong.

Dok. Istimewa/Humas Pemkab Lobar
Gelaran Musabaqah Tilawatul Quran (MTQ) ke 4-Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong, Minggu (26/5/2022) malam. 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com Lalu M Gitan Prahana

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK BARAT - Wakil Bupati Lombok Barat, Sumiatun membuka gelaran Musabaqah Tilawatul Qur'an (MTQ) ke-4 Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong, pada Minggu (26/5/2022) malam.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Desa Sekotong Tengah ini juga merupakan rangkaian dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Desa Sekotong Tengah yang ke-58 pada tahun 2022 ini.

Dalam sambutannya, Wabup Lombok Barat itu mengajak masyarakat untuk memurnikan niat dalam belajar al-Quran termasuk melalui MTQ.

”Hal yang perlu menjadi catatan kita, bahwa kegiatan MTQ bukan hanya sekedar lomba. Saya ingin mengajak kita semua untuk kembali ke niat awal belajar al-Quran yaitu lillahi ta`ala, mencari ridho Allah dalam rangka menjaga syiar Islam, kitab suci kita al-Quran dan mengamalkan serta mengajarkan isinya,” terangnya.

Baca juga: Pemkab Lombok Timur Siapkan Mobil Dinas untuk Transportasi Kontingen MTQ Ke-XXIX Provinsi NTB

Ia menegaskan bahwa menjadi juara atau pemenang adalah sebuah motivasi.

Namun substansinya adalah bagaimana kita mencintai dan menjaga kesucian al-Quran diikuti dengan pengamalan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

“Oleh sebab itu, mari kita mengembalikan niat awal kita mempelajari al-Quran untuk mencari ridho Allah dengan penuh keikhlasan," tegas Sumiatun.

Lebih lanjut, ia menyampaiakan bahwa al-Quran merupakan sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji.

Baca juga: Hafiz Indonesia asal Lombok Timur Raih Gelar Peserta Suara Terbaik MTQ Internasional di Amerika

Keluhuran nilai-nilai ajaran al-Quran sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat harus terus ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun informal.

"Salah satunya melalui MTQ dalam berbagai cabang keilmuan al-Quran yang diselenggarakan secara berjenjang hingga tingkat internasional," lanjut Wabup Lombok Barat itu.

Untuk itu, kegiatan MTQ ini tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata.

"Tetapi harus mampu menjadi momentum strategis untuk mewarnai pelaksanaan pembangunan dan prilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai yang terkadung dalam al-Qur’an," pungkas Sumiatun.

 

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved