Breaking News:

Berita Politik

Isu Reshuffle 8 Desember Mencuat, Hadi Tjahjanto Diisukan Masuk Kabinet

Merujuk pada kebiasaan Presiden Jokowi melakukan reshuffle, Rabu 8 Desember 2021 disebut-disebut akan menjadi hari reshuffle.

Editor: Dion DB Putra
TribunLombok.com/Sirtupillaili
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) memberikan keterangan pers di kantor gubernur NTB, Jumat 10 September 2021. 

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA - Isu reshuffle kabinet kembali mencuat seiring pergantian Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jenderal Andika Perkasa.

Sejumlah kursi kementerian dikabarkan bakal dikocok ulang. Ada beberapa kursi yang akan diisi nama baru. Termasuk kursi wakil menteri ESDM yang kabarnya juga sudah disiapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat perpres baru.

Seiring kabar reshuffle itu, bebeberapa nama diisikan akan mengisi kursi menteri di kabinet. Marsekal Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal menjadi Kepala Staf Kepresidenen (KSP) atau di kursi Menko Polhukam.

Baca juga: Reshuffle Kabinet Kabarnya akan Dilaksanakan Hari Ini, Mensesneg Ungkap Nasib Moeldoko

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Melantik 6 Menteri Baru dan 5 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Ada pula kabar masuknya kader Partai Amanat Nasional (PAN) seiring bergabungnya partai besutan Zulkifli Hasan itu ke koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin sejak dua bulan lalu.

Merujuk pada kebiasaan Presiden Jokowi melakukan reshuffle, Rabu 8 Desember 2021 disebut-disebut akan menjadi hari reshuffle.

Dalam penanggalan Jawa, hari tersebut bertepatan dengan Rabu Pon. Selama ini Rabu Pon atau Rabu Pahing dikenal sebagai ‘hari baik’ yang dipilih Jokowi untuk membuat keputusan penting, termasuk reshuffle kabinet.

Isu reshuffle pada awal Desember itu awalnya disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid.

Ia menyebut bahwa Jokowi akan melakukan reshuffle pada Desember ini. "Ya hilal akhir tahun atau awal tahun. Desember," kata Jazilul, Jumat 19 November 2021.

Isu itu ternyata juga didengar oleh PAN. Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengamini kabar Jokowi berencana reshuffle pada 8 Desember.

“Saya dengar juga isunya begitu. Katanya, sih [Rabu pon]. Tapi, kan, itu hak prerogatif Pak Jokowi,” kata Yandri di Gedung DPR, Senayan, Selasa 30 November 2021.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved