Wisata Lombok

Bangun Tempat UMKM di RTP Pancor, Diharapkan Jadi Pusat Wisata Baru

Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur bersama Bank NTB Syariah berupaya menghidupkan kembali Ruang Terbuka Publik (RTP) Pancor menjadi tempat wisata.

Dok.Humas Lombok Timur
Sekda Lombok Timur HM Juaini Taofik (tengah). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur bersama Bank NTB Syariah berupaya menghidupkan kembali Ruang Terbuka Publik (RTP) Pancor menjadi destinasi wisata baru.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur HM Juaini Taofik pada TribunLombok.com, Rabu (25/1/2023).

"Ada tawaran perbantuan dari Bank NTB Syariah untuk RTP Pancor, dimana ada tanah kosong, katanya Bank NTB Syariah bisa mengelolanya," katanya.

Pertimbangan pembantuan dari Bank NTB Syariah sebagai bagian dari bank daerah ikut serta memajukan daerah, utamanya pada sektor pembangunan.

Mengingat juga lokasi RTP Pancor yang berdekatan dengan lokasi gedung baru Bank NTB Syariah.

Baca juga: Fokus Pengembangan Wisata Lombok Utara: Gili Trawangan Dahulu, Rinjani Kemudian

Tempat tersebut juga bisa menjadi acuan untuk sebagai tempat istirahat para karyawan, semacam kantin.

Ke depan lokasi itu diharapkan bisa dimanfaatkan UMKM untuk berjualan.

"Syaratnya nanti harus menjadi nasabah Bank NTB Syariah dan membayar retribusi ke daerah untuk UMKM yang akan mengisinya," tuturnya.

Terlebih penataan RTP Pancor memang diakui Sekda tidak dianggarkan dari APBD, namun sudah ada kordinasi yang baik dari Balai Pemukiman Wilayah dengan Pemda Lombok Timur.

"Alhamdulillah sepertinya akan ditangani oleh Balai Pemukiman Wilayah, harapan kita tentu semakin cepat dikerjakan, semakin baik, supaya kota Pancor ini betul-betul menjadi kota santri, dan ingat kita sudah mengembangkan destinasi wisata religi," katanya.

Dengan adanya RTP Pancor dan Bank NTB Syariah, nanti Car Free Day bisa digelar di tempat itu. Juga pasar malam bisa dikembangkan.

Direktur Utama (Dirut) Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo membebarkan terkait pembantuan dari Bank NTB Syariah kepada Pemda Lombok Timur.

"Salah satu fungsi dari pada Bank NTB Syariah sebagai bank pengelola kas daerah pastinya kami juga diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam memperindah taman kota di sini," terangnya.

Pihaknya juga akan segera berkordinasi dengan berbagai pihak, dan secepatnya melakukan pembangunan.

"Kami sudah bilang sama temen-temen, dilihat dan didesign, karena kita tidak ingin tamannya sudah bersih, masjidnya rapih, dan kantornya rapi, namun fasilitas umum tempat masyarakat berjualan tidak dirapikan," tutupnya.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved