Piala AFF

Vietnam vs Indonesia 2-0: Skuad Garuda Gagal ke Final Piala AFF 2022

Vietnam memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke final. Vietnam kini menanti lawan yaitu pemenang antara Malaysia vs Thailand.

Penulis: Dionisius DB Putra | Editor: Dion DB Putra
AFP/NHAC NGUYEN
Penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh, berduel dengan Yakob Sayuri dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, 9 Januari 2023. Vietnam menang 2-0 dan lolos ke babak final Piala AFF 2022. 

TRIBUNLOMBOK.COM, HANOI - Tuan rumah Vietnam akhirnya unggul agregat 2-0 atas Timnas Indonesia pada babak semifinal Piala AFF 2022.

Dengan demikian skuad Garuda gagal melangkah ke final. Pada edisi Piala AFF sebelumnya, Indonesia sukses ke final sebelum kalah melawan Thailand.

Baca juga: Vietnam vs Indonesia: Skuad Garuda Sudah Ketinggalan Dua Gol, Peluang ke Final Tipis

Vietnam memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke final. Vietnam kini menanti lawan yaitu pemenang antara Malaysia vs Thailand.

Malaysia sementara unggul agregat 1-0 atas Thailand. Laga leg kedua babak semifinal Piala AFF antara Thailand vs Malaysia akan berlangsung Selasa (10/1/2023).

Babak final Piala AFF edisi ini masih menggunakan sistem home and away atau laga tandang dan kandang. Leg pertama 13 Januari dan leg kedua 16 Januari 2023.

Gol cepat Vietnam

Dalam pertandingan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada Senin (9/1/2023) malam. Vietnam menang 2-0 atas Indonesia lewat gol yang diborong ujung tombak mereka, Nguyen Tien Linh pada menit ke-3 dan menit ke-47.

Secara agregat Vietnam unggul 2-0 atas Indonesia. Pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Jakarta, kedua tim bermain imbang 0-0.

Timnas Vietnam asuhan Park Hang-seo sudah mencetak gol saat laga bergulir baru tiga menit.

Gol Vietnam dicetak striker andalan mereka Nguyen Tien Linh yang memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Indonesia pada menit awal pertandingan.

Gawang Timnas Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata dibobol Nguyen Tien Linh dari dalam kotak penalti.

Setelah mendapat umpan jauh dari rekannya, Nguyen Tien Linh yang berdiri bebas di kotak penalti melepaskan tembakan yang sulit dihalau Nadeo Argawinata.

Berdasarkan aturan gol tandang, Timnas Indonesia sebenarnya hanya butuh hasil imbang dengan skor 1-1 dan seterusnya untuk melangkah ke babak final Piala AFF. 

Pada laga leg pertama semifinal Piala AFF di Jakarta 6 Januari 2023, kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved