Piala Dunia 2022

Hasil Belanda vs Argentina: Lionel Messi Dkk ke Semifinal Setelah Menang Adu Penalti 4-3

Tim Tango Argentina akhirnya lolos ke babak semifinal Piala Dunia setelah menang adu penalti 4-3 (2-2) di Stadion Lusail, Doha.

Editor: Dion DB Putra
AFP/MANAN VATSYAYANA
Bek Argentina Nahuel Molina merayakan dengan pemain Lionel Messi dan rekan setimnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022 antara Belanda dan Argentina di Stadion Lusail, utara Doha, pada 9 Desember 2022. Argentina menang adu penalti 4-3. 

TRIBUNLOMBOK.COM, DOHA – Tim Tango Argentina akhirnya lolos ke babak semifinal Piala Dunia setelah menang adu penalti 4-3 (2-2) di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) subuh WITA.

Duel Belanda vs Argentina imbang 2-2 hingga masa perpanjangan waktu berakhir.

Baca juga: Hasil Belanda vs Argentina: Skor Masih 2-2 Laga Berlanjut ke Adu Penalti

Sebelumnya dalam waktu normal, tim Oranye Belanda yang tertinggal dua gol bangkit pada 10 menit menjelang laga terakhir untuk menyamakan skor 2-2 melawan Argentina.

Argentina lebih dulu unggul lewat gol Nahuel Molina pada menit ke-35 dan Lionel Messi (73’ penalti). Sedangkan dua gol Belanda dicetak Wout Weghorst pada menit ke-83 dan 90+11.

Saat adu penalti kiper Argentina Emiliano Martines tampil gemilang. Dia menepis dua tendangan dari pemain Belanda yakni kapten tim Virgil van Dijk, dan Steven Berghuis.

Tiga eksekutor Belanda sukses yaitu Teun Koopmeiners, Wout Weghorst, dan Luuk de Jong.

Sedangkan dari kubu Argentina hanya Enzo Fernandez yang gagal menjebol gawang Belanda. Lionel Messi, Leandro Paredes, Gonzalo Montiel dan Lautaro Martinez sudah menjalankan tugasnya.

Tertinggal dua gol

Belanda vs Argentina Argentina menguasai jalannya pertandingan. Skuad berjuluk La Albiceleste itu terlihat nyaman dalam memainkan bola di area permainan Belanda.

Kendati demikian, Argentina belum mampu menorehkan peluang berbahaya hingga pertandingan memasuki menit ke-15.

Beberapa menit kemudian, Lionel Messi melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi masih melenceng ke sisi kanan gawang Belanda. Messi mengirim umpan terobosan brilian kepada Nahuel Molina. Molina lantas memasukkan si kulit bulat ke gawang Belanda pada menit ke-35.

Assist itu membuat Messi mencatatkan rekor. Ia sudah menorehkan lima assist sepanjang partisipasinya di babak gugur Piala Dunia.

Menurut Opta yang menghimpun data assist sejak Piala Dunia 1966, catatan itu membuat Messi melewati torehan legenda timnas Brasil, Pele, yang memiliki raihan empat assist di fase knock-out Piala Dunia.

Dengan demikian, Argentina untuk sementara memimpin 1-0 atas Belanda. Messi kembali mengancam. Ia meluncurkan bola ke gawang Belanda dengan kaki kiri, tetapi masih bisa diselamatkan kiper Andries Noppert pada menit ke-40.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved