AMMAN Inisiasi Penanaman Pohon Aren, Berkolaborasi dengan Masyarakat Desa Tongo

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menginisiasi penanaman bibit pohon aren di Sejorong, Desa Tongo, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat.

Editor: Sirtupillaili
Dok.AMMAN
Kepala Teknik Tambang (KTT)/ Site Director AMMAN, Wudi Raharjo bersama dengan Kepala Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sejorong Mataiyang Syahril SH secara simbolis memulai kegiatan penanaman bibit aren dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia. 

TRIBUNLOMBOK.COM, SUMBAWA – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tanggal 28 November 2022, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menginisiasi penanaman bibit pohon aren di Sejorong, Desa Tongo, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Sebanyak 200 bibit pohon aren ditanam bersama dalam payung kegiatan “Green Collaboration”.

Para peserta kegiatan terdiri dari puluhan siswa-siswi dari tiga sekolah dasar di Desa Tongo.

Ikut serta Kepala Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sejorong Mataiyang Syahril SH, Camat Sekongkang Badaruddin, S.Pd, Kepala Desa Tongo Idham Khalid S.Pi, serta karyawan AMMAN dan mitra bisnis.

Dalam kata sambutannya, Kepala Teknik Tambang (KTT)/ Site Director AMMAN, Wudi Raharjo, menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari komitmen AMMAN dalam menerapkan praktek penambangan yang baik, bertanggung jawab, dan berkelanjutan (Good Mining Practices).

Baca juga: Kembangkan Sepak Bola di KSB, AMMAN Dukung Penyelenggaraan Festival Sepak Bola

“Pengelolaan aspek lingkungan dan sosial merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan operasional AMMAN. Dengan visi menciptakan warisan terbaik, kami juga berkolaborasi dengan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, termasuk anak-anak sekolah yang akan menjadi pemimpin masa depan," kata Wudi, dalam rilis yang diterima TribunLombok.com.

"Kami juga berharap agar pohon aren yang ditanam pada hari ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian mereka,” lanjut Wudi.

Pohon aren merupakan jenis pohon yang memiliki nilai penting dalam kehidupan tradisional masyarakat di KSB, terutama Desa Tongo.

Wilayah tersebut telah lama dikenal sebagai desa penghasil gula aren, sehingga banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani aren.

Selain sebagai sumber utama mata pencaharian penduduk, aren juga digunakan sebagai bagian dari pengobatan serta untuk memasak.

Menyadari pentingnya kegunaan aren bagi masyarakat di Desa Tongo, sejak tahun 2020 AMMAN melalui Departement Environmental telah menanam sebanyak 1000 pohon aren di bantaran hilir Sungai Sejorong.

Kegiatan ini dilanjutkan tahun 2021 dengan jumlah penanaman 1.000 bibit pohon aren, tahun 2022 ditargetkan penanaman bibit aren 2000 bibit.

Kepala BPH Sejorong Mataiyang Syahril SH menyambut positif kegiatan yang dilakukan ini.

“Penanaman pohon aren ini sangat baik dan diharapkan dapat berkelanjutan untuk dilaksanakan. Melalui kegiatan ‘Green Collaboration’ ini, secara bersama-sama mari kita menjaga alam dan lingkungan sebagai warisan baik untuk generasi mendatang,yaitu anak dan cucu kita,” ujar Syahril.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved