Pensiunan Jaksa Johanis Tanak Terpilih Jadi Wakili Ketua KPK Gantikan Lili Pintauli Siregar

Komisi III DPR RI menggelar voting pemilihan Wakil Ketua KPK antara Johanis Tanak dengan I Nyoman Wara

(KOMPAS.com/Nissi Elizabeth)
Suasana voting Komisi III DPR RI usai dipilihnya Johanis Tanak sebagai Wakili Ketua KPK setelah menjalani fit and proper test, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022). 

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya memiliki wakil ketua baru pengganti Lili Pintauli Siregar yang mundur karena kasus gratifikasi MotoGP Mandalika 2022.

Adalah pensiunan jaksa Johanis Tanak yang kini mengemban tugas baru sebagai Wakil Ketua KPK usai menjalni fit and proper test di Komisi III DPR RI, Rabu (28/9/2022).

Adapun pengambilan keputusan untuk memilih antara Johanis Tanak atau I Nyoman Wara dilakukan melalui sistem voting atau pemungutan suara.

Johanis Tanak memperoleh 38 suara, sedangkan Nyoman hanya 14 suara.

Baca juga: Profil Auditor I Nyoman Wara dan Pensiunan Jaksa Johanis Tanak, Calon Wakil Ketua KPK Pengganti Lili

Secara rinci, jumlah total suara sejatinya 53. Namun, satu suara dinyatakan tidak sah.

"Hasil perhitungan, voting dengan sistem one man one vote, dengan nama I Nyoman jumlah suara 14 dan saudara Johanis Tanak jumlah suara 38, dan satu suara tidak sah. Total 53 suara sesuai jumlah kehadiran,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Adies Kadir.

Seluruh anggota dan pimpinan Komisi III DPR mengucapkan kata setuju dengan hasil voting pemilihan Wakil Ketua KPK Johanis Tanak.

Hasil ini menunjukkan Johanis Tanak mengalahkan I Nyoman Wara pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang malang melintang sebagai auditor dan menangani banyak kasus besar salah satunya, kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Dua calon ini sebelumnya mengikuti fit and proper test calon komisioner KPK, berbarengan dengan Lili Pintauli pada 2019.

Mereka hanya memaparkan apa yang sekiranya menjadi pelengkap atau tambahan visi misi sebelumnya.

"Namanya manusia ini kan sudah tiga tahun yah, 2019 ke 2022, kita ingin mengetahui apakah masih integritasnya masih sama, kemudian intelektualnya, profesionalitasnya masih sama dan juga tentunya kesehatan, baik jasmani rohani dan fisik yang bersangkutan," jelas Adies.

Ketua KPK Firli Bahuri mengucapkan selamat atas terpilihnya Johanis Tanak.

Baca juga: Profil Febri Diansyah Bekas Jubir KPK, Kini Jadi Pengacara Putri Candrawathi

"Untuk saudara Johanis Tanak saya mengucapkan selamat atas terpilihnya untuk melanjutkan pengabdian di KPK sebagai Wakil Ketua KPK,” kata Firli dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Rabu dikutip dari Kompas.com.

Firli mengaku gembira dengan datangnya pimpinan baru KPK.

Firli kemudian enyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan pimpinan DPR RI.

(Kompas.com/Nicholas Ryan Aditya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terpilihnya Johanis Tanak Jadi Pimpinan KPK dan Nasib Pemberantasan Korupsi"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved