Kerajaan Inggris

Inggris Gelar Operasi Keamanan Terbesar Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Acara pemakaman Ratu Elizabeth II Senin (19/9/2022) bakal diliput secara luas media massa internasional.

Editor: Dion DB Putra
shutterstock
Ratu Elizabeth II (kiri) bersama cucunya Pangeran Harry. Ratu Elizabeth II wafat pada usia 96 tahun, Kamis 8 September 2022, dan akan dimakamkan Senin 19 September 2022. 

TRIBUNLOMBOK.COM, LONDON- Pemerintah Inggris menggelar operasi keamanan terbesar saat pemakaman jenazah Ratu Elizabeth II, Senin 19 September 2022.

Sedikitnya 10.000 petugas keamanan akan siaga penuh guna menggagalkan segala upaya mengganggu jalannya acara pemakaman Ratu Inggris yang berkuasa selama 70 tahun tersebut.

Baca juga: Profil Raja Charles III yang Naik Takhta Menggantikan Ibunya Ratu Elizabeth II

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia: Riwayat Penyakit, Foto Terakhir Hingga Tangan Sempat Menghitam

Pihak keamanan Inggris memperkirakan ratusan ribu orang akan berbaris di rute pemakaman Sri Ratu melalui pusat Kota London.

Kerumunan orang akan terjadi di Windsor, Berkshire, tempat mendiang Ratu akan dimakamkan, dan rute di antaranya.

Menurut Wakil Asisten Komisaris Polisi Metropolitan London, Stuart Cundy,para komandan memiliki rencana menggagalkan atau menangani segala upaya serangan atau gangguan.

Acara pemakaman Ratu Elizabeth II Senin (19/9/2022) bakal diliput secara luas media massa internasional.

Sedikitnya 300 pejabat penting dari berbagai negara di dunia akan hadir dalam acara itu. Hal ini menuntut operasi perlindungan pribadi terbesar yang dilakukan kepolisian Inggris.

Cundy mengatakan "skala dan kompleksitas" kepolisian pemakaman sangat besar, dengan petugas yang direkrut dari pasukan di seluruh negeri, sehingga polisi metropolitan Inggris (Met) dapat mengelola pemakaman dan tuntutan lainnya di seluruh ibu kota.

"Ini akan menjadi pengerahan tunggal terbesar petugas polisi pada Senin (19/9/2022) dalam operasi yang pernah dilakukan polisi Metropolitan,” kata Cundy sebagaimana dilansir Guardian pada hari Jumat (16/9/2022)

Dia melukiskan acara tunggal ini lebih akbar dari pesta Olimpiade 2012, dan lebih besar dari akhir pekan jubilee platinum Ratu Elizabeth II.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved