DSP Mandalika Dapat Kucuran Dana Rp 1,7 Triliun dari Pemerintah Pusat, Ini Rincian Alokasinya

Pemerintah Provinsi NTB telah mengajukan usulan dana untuk DSP Mandalika sebesar Rp 2 triliun namun realisasinya Rp 1,7 triliun

Penulis: Lalu Helmi | Editor: Wahyu Widiyantoro
TRIBUNLOMBOK.COM/SINTO
Situasi terkini pembangunan jalan provinsi di kawasan Mandalika, Desa Pujut, Lombok Tengah. Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika mendapat kucuran anggaran sebesar Rp1,7 triliun dari pemerintah pusat. 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Lalu Helmi

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika mendapat kucuran anggaran sebesar Rp1,7 triliun dari pemerintah pusat.

Anggaran untuk DSP Mandalika ini nantinya akan direalisasikan bertahap mulai tahun 2023 hingga 2024.

Angka fantastis ini dihajatkan untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung kawasan yang memiliki arena balap kelas dunia Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi NTB telah mengajukan usulan dana sebesar Rp 2 triliun namun realisasinya Rp 1,7 triliun.

Baca juga: Rumah Baru Warga Terdampak Pembangunan Sirkuit Mandalika akan Jadi Kampung Wisata

"Anggaran untuk DPSP Mandalika ini akan turun dalam bentuk tambahan Dana Alokasi Khusus (DAK), Inpres Jalan Daerah dan dana perbantuan,’’ kata Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB Ridwan Syah pada Senin, (29/8/2022).

Adapun dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk pembangunan sejumlah ruas jalan penunjang Mandalika, pembuatan TPA, pembangunan Rumah Sakit Mandalika dan pengadaan alat kesehatan.

Berikut rinciannya:

1. Pelebaran ruas jalan Kuta – Keruak Lombok Timur dari perempatan Sunggung Mandalika – Pelabuhan Awang dan ruas jalan Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat.

Dalam hal ini, pelebaran jalan yang dilakukan dari 4,5 meter menjadi 6 – 9 meter dan nanti bahu jalan akan diperkeras yang menelan anggara sekira Rp 222 miliar.

2. Penanganan sampah di sejumlah TPA seperti TPA Pengengat Kabupaten Lombok Tengah, TPA Kebon Kongok Lombok Barat, TPA Lemer, dan TPA Lingsar dengan anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 300 miliar.

3. Pembangunan Rumah Sakit Mandalika dan pengadaan alat kesehatan sebesar Rp 75 miliar.

Baca juga: Progres Terkini Proyek Jalur Provinsi, Trotoar & Fasilitas di Sekitar Sirkuit Mandalika jelang WSBK

4. Pembangunan infrastruktur di tujuh desa penyangga DSP seperti jalan, air bersih dan rumah layak huni.

"Begitu juga semua jalan provinsi di DSP Mandalika harus terang benderang, sehingga pemerintah juga akan mengalokasikan lampu penerangan jalan dengan nilai anggaran yang disiapkan sebesar Rp 400 miliar," kata mantan Kepala Bappeda NTB ini.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved