Piala Dunia 2022

Profil Timnas Kosta Rika : Keylor Navas Dkk Melewati Jalan Terjal

Timnas Kosta Rika pertama kali lolos ke Piala Dunia 1990 di Italia. Kala itu timnas Kosta Rika lolos sampai babak gugur atau 16 besar.

Editor: Dion DB Putra
GI
Kiper timnas Kosta Rika Keylor Navas. 

TRIBUNLOMBOK.COM, DOHA - Prestasi terbaik timnas Kosta Rika saat menjadi kontestan lima edisi Piala Dunia sebelumnya adalah babak perempat final.

Sukses itu diraih timnas Kosta Rika pada Piala Dunia 2014 atau delapan tahun silam. Empat tahun lalu di Rusia, Kosta Rika yang merupakan wakil zona CONCACAF kandas di babak penyisihan grup.

Baca juga: Dua Hal yang Berbeda dari Ajang Piala Dunia 2022 di Qatar

Baca juga: Profil Timnas Prancis: Memburu Trofi Ketiga Piala Dunia

Sampai tahun ini timnas Kosta Rika yang bernaung di bawah konfederasi sepak bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia sudah enam kali menjadi kontestan Piala Dunia.

Timnas Kosta Rika pertama kali lolos ke Piala Dunia 1990 di Italia. Kala itu timnas Kosta Rika lolos sampai babak gugur atau 16 besar.

Selanjutnya timnas Kosta Rika berpartisipasi di putaran final Piala Dunia 2002, 2006, 2014, 2018 dan 2022.

Untuk mencapai Piala Dunia 2022, Kosta Rika menempuh jalan terjal. Timnas Kosta Rika harus melalui babak play-off.

Hanya ada empat wakil dari CONCACAF yang boleh ikut Piala Dunia 2022 dan Kosta Rika merupakan tim terakhir yang lolos ke Qatar.

Tiga tim lainya yakni Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Kosta Rika harus mengalahkan Selandia Baru terlebih dahulu untuk bisa lolos ke kompetisi empat tahunan tersebut.

Kendati terseok-seok sebagai wakil terakhir CONCACAF dan merupakan negara terkecil ketiga di Amerika Tengah, Kosta Rika cukup konsisten mengikuti ajang Piala Dunia.

Sejak Piala Dunia 2014 di Brasil, mereka selalu berhasil ke Piala Dunia. Artinya, Kosta Rika tiga kali beruntun selalu berpartisipasi di ajang sepak bola terbesar.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved