Komisi II DPRD KSB Studi Banding ke Lombok Barat Cari Referensi Regulasi & Tahapan Pilkades Serentak

Dalam beberapa waktu ke depan Komisi II DPRD KSB akan memanggil dinas terkait untuk melihat sejauh mana persiapannya dalam menghadapi Pilkades

DOK. HUMAS DPRD KSB
Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melakukan kunjungan kerja dan studi banding untuk persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang 3, Rabu (11/5/2022) hingga Kamis (12/5/2022). 

TRIBUNLOMBOK.COM - Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melakukan kunjungan kerja dan studi banding untuk persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang 3.

Ketua Komisi II DPRD KSB Aheruddin Sidik bersama rombongan melaksanakan konsultasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTB.

Komisi II DPRD KSB melakukan konsultasi untuk mendapatkan arahan, saran, dan Masukan dari pihak provinsi tentang persiapan dan regulasi Pilkades.

Baca juga: Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar Blak-blakan soal Megaproyek Smelter hingga Pilkada 2024

Selanjutnya, dilanjutkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Barat untuk mendapatkan referensi tahapan dan proses Pilkades.

Kunker dan studi banding itu dilakukan selama 2 hari mulai Rabu (11/5/2022) hingga Kamis (12/5/2022).

Pilkades Serentak di KSB rencananya akan digelar di akhir tahun 2022.

Aheruddin mencatat sejumlah poin penting demi kelancaran pelaksanaan Pilkades Serentak di KSB.

Pertama, pemerintah daerah harus menjalankan Pilkades sesuai tahapan yg diatur berdasar regulasi yang berlaku.

Dalam hal ini Permendagri No 72 tahun 2020 Tentang Perubahan kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 tahun 2014 beserta peraturan turunannya baik itu berupa Perda maupun Perbup.

"Kedua, sangat penting pelibatan Majelis Penyelesaian Sengketa untuk mengantisipasi terjadinya sengketa dalam pelaksanaan Pilkades," urai Aheruddin dalam keterangan tertulis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved