OSMO Smart School, Solusi untuk Manajemen Sekolah yang Lebih Cerdas di Era Digital

Aplikasi Online School and Management Office (OSMO) Smart School adalah platform digital yang telah diperkenalkan ke publik sejak 16 Januari 2022

DOK. osmoschool.com
Ilustrasi OSMO Smart School 

TRIBUNLOMBOK.COM - Dunia pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan dan perubahan di era digitalisasi seperti saat ini. Sistem manajemen dan proses belajar mengajar juga harus disesuaikan dengan keadaan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Aplikasi Online School and Management Office (OSMO) Smart School adalah platform digital yang telah diperkenalkan ke publik sejak 16 Januari 2022 lalu. Aplikasi berbasis web, android & iOS ini merupakan salah satu karya anak bangsa kelahiran Utan, Sumbawa yaitu Dian Sukma.

Aplikasi OSMO Smart School adalah Aplikasi ketiga yang telah dikeluarkannya, setelah aplikasi Personal Mapping COOL (Compass of Life) dan aplikasi manajemen konstituen, PIPEL. Aplikasi ketiganya tersebut adalah bentuk kontribusi Dian dalam dunia pendidikan Nasional.

Bukan hanya memberikan pengalaman sekolah online yang lebih interaktif antara guru, siswa dan orangtua, OSMO juga hadir menawarkan pengalaman baru dalam mengelola manajemen sekolah yang lebih mudah, cepat, dan tentunya menghemat banyak biaya dan waktu.

Dengan platform OSMO Smart School, manajemen sekolah berada dalam genggaman. Mulai dari pendaftaran siswa, pengaturan kurikulum, jadwal, kelas, kelas online, absensi guru dan karyawan, pembayaran SPP dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM), serta pengelolaan cabang sekolah.

Dian Sukma
Dian Sukma (DOK. osmoschool.com)

Para orang tua bisa memantau kondisi pendidikan putra-putrinya, memonitor kehadiran siswa, nilai, rapor, hingga tagihan pembayaran SPP. Bahkan OSMO memberikan fitur konsultasi dengan beberapa pilihan seperti Parenting, Pendidikan, Komunikasi, hingga Psikologi. Dengan kata lain, orang tua kini bisa memantau dan berkonsultasi langsung perkembangan anak di sekolah meskipun dari jarak jauh atau online.

Bagi para guru, platform OSMO Smart School bermanfaat memberikan kemudahan untuk mengatur jadwal, kelas, ujian online, dan memudahkan proses belajar mengajar secara online. Dengan menggunakan aplikasi OSMO Smart School guru pun dapat berkomunikasi langsung dengan orang tua siswa untuk menyampaikan informasi terkait siswa.

Sementara untuk siswa, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek jadwal kelas, PR, kehadiran dan kelas online, unduh file, kirim pesan instan. Kelebihan OSMO lainnya adalah adanya fitur profiling yang bisa dinikmati gratis bagi sekolah yang menggunakan layanan OSMO langsung selama satu tahun.

Fitur ini bermanfaat memberikan info mengenai karakter siswa, minat dan bakat, pola belajar dan mengajar, pola komunikasi, hingga pola asuh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nantinya, Orangtua pun bisa melakukan profiling, karena tersedia link yang menghubungkan dengan aplikasi khusus profiling yang merupakan aplikasi pertama dari owner OSMO.

“OSMO adalah solusi”,” demikian berulang kali ditegaskan Dian dalam beberapa presentasi dengan para Mitra OSMO di Jakarta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved