Breaking News:

Menhub Sebut 19,9 Juta Orang Ingin Mudik Saat Libur Nataru Tahun Ini

Survei yang sama menunjukkan, 13,5 persen atau 4,4 juta orang warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang ingin mudik.

Editor: Dion DB Putra
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA - Pemerintah melarang masyarakat bepergian ke luar kota atau mudik saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Namun, berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada bulan Oktober 2021, sebanyak 19,9 juta warga atau 12,8 persen yang ingin mudik saat Nataru mendatang.

Survei yang sama menunjukkan, 13,5 persen atau 4,4 juta orang warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang ingin mudik.

Baca juga: Tempat Wisata Boleh Dibuka Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2022

Baca juga: Azriel Hermansyah Bahagia Kumpul Keluarga Bareng Raul Lemos, Ashanty Berharap Bisa Liburan Bersama

"Masih ada terjadi pergerakan secara 12,8 persen atau kalau di Jabodetabek sebanyak 13,5 persen. Kalau secara nasional ada 19,9 juta, dan Jabodetabek ada 4,4 juta yang ingin mudik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat dengan Komisi V DPR, Rabu 1 Desember 2021.

Survei serupa juga dilakukan pada bulan November 2021. Hasilnya, jika pemerintah membatasi kapasitas dan mengetatkan syarat perjalanan terdapat potensi pergerakan 16 juta orang atau 10 persen pada tingkat nasional meski didominasi wilayah Jawa-Bali.

Kedua, jika pemerintah menerapkan PPKM Level 3 atau Level 4, maka perkiraan potensi pergerakan sebesar 9 persen atau 15 juta orang.

Ketiga, jika ada larangan mudik maka perkiraan pergerakan sebanyak 7 persen atau 10 juta orang.

Untuk masyarakat Jabodetabek, kata Menhub Budi Karya Sumadi, mereka yang akan mudik jika hanya terdapat pembatasan kapasitas dan pengetatan syarat jumlahnya 12 persen atau 4 juta orang.

"Apabila melakukan PPKM level 3 itu 11 persen atau 3,5 juta, apabila kita lakukan pelarangan maka yang pulang masih ada 8 persen sebanyak 2,6 juta," ujar Menhub.

Hasil survei tersebut, lanjut Menhub, menunjukkan sudah ada kesadaran masyarakat menunda perjalanan ke luar kota saat liburan Nataru.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved