Breaking News:

Hutan Gundul Penyebab Banjir Bima-Dompu, Ini Kata Kepala BNPB

Gundulnya kawasan hutan menjadi penyebab utama banjir di wilayah Kabupaten Bima dan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penulis: Sirtupillaili | Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
TribunLombok.com/Sirtupillaili
HUTAN GUNDUL: Anak-anak di Kabupaten Dompu, Provinsi NTB melihat ke arah hutan gundul yang beralih fungsi menjadi lahan tanaman jagung. Foto ini diambil 10 April 2019.  

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sirtupillaili

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM – Gundulnya kawasan hutan menjadi penyebab utama banjir di wilayah Kabupaten Bima dan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Doni Monardo pun meminta penanganan bencana akibat alih fungsi hutan tersebut dilakukan dengan kebijakan tepat dan strategis.

Menurutnya, pola penanganan hutan gundul harus diubah.

Penanaman kembali pohon perlu melibatkan masyarakat dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Doni mengaku telah melihat, gundulnya hutan di wilayah Dompu dan Bima disebabkan alih fungsi lahan hutan menjadi lahan tanaman semusim yakni jagung.

Memang, menanam jagung secara ekonomi menguntungkan.

Tapi dampak buruknya menimbulkan bencana berkepanjangan seperti saat ini.

HUTAN GUNDUL: Anak-anak di Kabupaten Dompu, Provinsi NTB melihat ke arah hutan gundul yang beralih fungsi menjadi lahan tanaman jagung. Foto ini diambil 10 April 2019.
HUTAN GUNDUL: Anak-anak di Kabupaten Dompu, Provinsi NTB melihat ke arah hutan gundul yang beralih fungsi menjadi lahan tanaman jagung. Foto ini diambil 10 April 2019. (TribunLombok.com/Sirtupillaili)

”Silahkan bertanam, bertani dan berkebun. Tapi harus ada dua aspek yang seimbang. Alam dijaga, alam juga akan jaga kita. Kita merusak alam, alam rusak kita," tegas Doni Monardo, saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Banjir di  Provinsi NTB, secara virtual, Sabtu (10/4/2021).

Dalam rapat tersebut, Doni Monardo menyampaikan beberapa solusi untuk meminimalisir potensi banjir bandang serta mengatasi permasalahan hutan gundul di NTB, khususnya di Kabupaten Bima dan Dompu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved