Berita Lombok Timur

Bupati Lombok Timur Tunjuk Marhaban Sebagai Plt Dirut PDAM

Bupati Lombok Timur secara resmi menunjuk Marhaban sebagai Pelaksana Tugas Sementara (Plt) Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

DOK HUMAS PEMKAB LOMBOK TIMUR
Bupati Lombok Timur Tunjuk Marhaban Sebagai Plt Dirut PDAM - Bupati pada acara penyerahan SK di aula PDAM, Kamis (5/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Bupati Lombok Timur secara resmi menunjuk Marhaban sebagai Pelaksana Tugas Sementara (Plt) Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur. 

Ditunjuknya Marahaban sebagai Plt direktur umum PDAM yang baru, disebut bupati karena dinilai memahami kondisi PDAM sebab sudah sejak lama mengawal perusahaan daerah tersebut. 

"Saya berharap berharap di tangan pelaksana tugas yang baru, PDAM berkembang menjadi perusahaan yang membanggakan. Jadikan PDAM perusahaan yang membanggakan Lombok Timur,” ucap bupati pada acara penyerahan SK di aula PDAM, Kamis (5/1/2023). 

Bupati menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Marhaban sebagai pelaksana tugas direktur utama, Bambang Suprayitno sebagai pelaksana tugas direktur umum, dan Lalu Sriadi sebagai pelaksana tugas direktur Teknik.

Baca juga: Ruang Paripurna dan Ruang Komisi DPRD Kabupaten Bima Disegel 50 eks Karyawan PDAM

Selain itu Bupati juga menyerahkan SK dewan pengawas.

Mengutip Undang-undang nomer 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy menyampaikan bahwa keberadaan BUMD, termasuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) memiliki tiga tujuan.

Tujuan pertama adalah memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian Daerah. 

Tujuan ke dua adalah menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat sesuai kondisi, karakteristik dan potensi Daerah yang bersangkutan berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik. 

Tujuan ketiga yakni memperoleh laba dan atau keuntungan. 

Baca juga: Warga Dara Kota Bima Ancam Duduki Fasilitas Publik, Tuntut Air Bersih Segera Dialirkan PDAM Bima

Bupati dalam sambutannya, sebelum menyerahkan SK kepada pelaksana tugas direktur utama, direktur umum, dan direktur teknis serta dewan pengawas PDAM Lombok Timur, menyebutkan bahwa PDAM dan seluruh BUMD yang ada di daerah ini telah memenuhi dua dari tiga tujuan tersebut.

Tujuan terakhir yaitu laba atau keuntungan belum sanggup dipenuhi semua BUMD.

Bupati Sukiman menyampaikan terima kasihnya atas kinerja pelaksana tugas Direktur Utama PDAM, Mudahan karena berhasil memperbaiki kondisi PDAM ke arah yang lebih baik.

Ditunjuknya pelaksana tugas direktur yang baru diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja perusahaan tersebut. 

"Pejabat baru lebih progresif sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," pesannya.

Status pelaksana tugas ini juga diharapkan tidak menjadi kendala melakukan yang terbaik melayani masyarakat, apalagi bupati memberikan waktu hanya tiga bulan untuk menunjukkan kinerja. 

Setelah itu, tegasnya, para pelaksana tugas ini akan dievaluasi kembali. Bupati akan memastikan pada April mendatang pejabat PDAM sudah definitif.

Kepada seluruh pimpinan cabang maupun unit, juga para karyawan Bupati menekankan pentingnya soliditas.

Ia bahkan menyebut soliditas yang merupakan faktor non teknis itu dapat mengalahkan kendala teknis sebagai faktor penghalang kemajuan BUMD itu.

Pelaksana tugas sebelumnya, Mudahan dalam pidato singkatnya terkait kesannya memimpin PDAM Lombok Timur mengingatkan pentingnya seluruh komponen perusahaan memiliki visi yang sama.

Ia juga berpesan agar PDAM terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait air minum sehingga masyarakat merasa puas.

 

Bergabung dengan Grup Telegram TribunLombok.com untuk update informasi terkini: https://t.me/tribunlombok.

Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved