Berita Lombok Timur

APBD Lombok Timur Fokus pada Kesehatan dan Pendidikan, Dinkes Akan Maksimalkan Anggaran

Dinas Kesehatan (Dinkes) Lombok Timur bertekat memaksimalkan APBD 2023 yang segera akan dicairkan dalam beberapa waku ke depan. 

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
APBD Lombok Timur Fokus pada Kesehatan dan Pendidikan, Dinkes Akan Maksimalkan Anggaran - Kepala Dines Kesehatan Lombok Timur Pathurrahman. 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika 

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR - Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 sudah disahkan.

APBD 2023 ini dicatatkan akan fokus pada sektor pendidikan dan kesehatan. 

Menyambung hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lombok Timur bertekat memaksimalkan APBD 2023 yang segera akan dicairkan dalam beberapa waku ke depan. 

Untuk itu ke depan Dinkes akan fokus maksimalkan anggaran pada dua bidang, yakni pada peningkatan kualitas pelayanan hingga peningkatan fasilitas penunjang kesehatan.

Baca juga: Tiga Pegawai Dinas Kesehatan Kota Bima Dipanggil Polda NTB Terkait Proyek Mencurigakan

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas (Kadis) Dinkes Lombok Timur Pathurrahman setelah dikonfirmasi TribunLombok.com, Selasa (6/12/2022). 

"Kalau berbicara kesehatan yang paling penting kualitas pelayanan kesehatan yang bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ucapnya. 

Fokus dari Dinkes sendiri pada tahun 2023 nanti adalah menyeimbangkan antara kebutuhan fisik hingga nonfisik.

Artinya dari sisi peningkatan untuk Dinkes sendiri nantinya akan fokus meningkatkan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, dan juga alat kesehatan. 

Baca juga: MXGP Samota Kian Dekat, Dinkes Pastikan Medical Equipment Siap

"Tiga poin ini yang harus kita rapikan dengan baik, dengan serius, untuk meningkatkan kualitas pelayanan karena kita berbicara kualitas," tuturnya. 

Dari segi tenaga semisal bagaimana tenaga kesehatan di Lombok Timur itu harus memiliki skil yang bagus.

Hal itu diharapkan bisa tercapai dengan melakukan berbagai bimbingan dan pelatihan pelatihan. 

"Selama ini kami di Dinkes menjalin kerja sama dengan instansi luar semisal perguruan tinggi, atau dengan lembaga lembaga seperti dengan unicef, kemudian Universitas Indonesia, Universita Airlanga, itu kita lakukan dalam upaya meningkatkan kapabilitas tenaga kesehatan," sebutnya. 

Dengan tenaga kesehatan yang berkapabilitas bagus itu, diharapkannya bisa meningkatkan pelayanan. 

"Saya pkir jika tiga poin yang menjadi fokus untuk menngkatkan kualitas pelayanan kesehatan tersebut tercapai, kalau bayangannya, jika kualitas pelayanan bagus maka derajat kesehatan masyarakat juga akan meningkat," jelasnya. 

Lebih lanjut dia menegaskan, masih dengan skema yang sama, yakni di tahun 2021, 2022, dan tahun 2023 Dinkes masih fokus di peningkatan kualitas tenaga kesehatan.

Pun juga dengan sara dan pra sarana pendukung harus terus dioptimalkan. 

"Non fisik ini yang kadang kadang lupa kita prioritaskan, kita harapannya itu pra sarananya memadai, nyaman, tenaganya juga memiliki kemampuan yang bagus, dan ini terus terang untuk kita di Lotim akan kita ikhtiarkan terus," imbuhnya. 

Karena menurutnya tidak cukup nakes itu dengan pengetahuan dan skil dari yang didapatkannya dari pendidikan saja.

Untuk anggaran sendiri dikatakannya belum dterima, total pastipun belum di ketahui.

Namun tentunya ia berharap anggaran yang didapatkan mampu memberikan jalan mulus bagi apa yang sudah ditargetkan dari tahun 2021 lalu hingga dengan tahun 2023 mendatang. 

"Kalau total pasti masih dalam pembahasan mengenai jumlah APBD yang didapat, namun kalau saya berpikir kita akan coba maksimalkan yang ada dan coba juga mencari sumber sumber lain," ungkapnya. 

"Itu yang saya maksud misalnya katakanlah dengan mengadakan pelatihan dengan lembaga lain, itu bisa kita shering di sana, bahkan kita banyak dibantu dari situ."

"Jadi sebenarnya dana itu tidak bisa kita hanya berpaku pada satu sumber namun kta juga mencari dari sumber yang lain," tutupnya. 

 

Bergabung dengan Grup Telegram TribunLombok.com untuk update informasi terkini: https://t.me/tribunlombok.

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved