Tragedi Kanjuruhan

Kapasitas Stadion Kanjuruhan 38.000 Penonton, Tiket yang Dijual 42.000: Over Kapasitas!

Surat dari Polres Malang itu tertanggal 29 September 2022, berisikan tentang rekomendasi agar laga Liga 1 tahun 2022 Arema FC menghadapi Persebaya.

Istimewa via TribunJatim
Kapasitas Stadion Kanjuruhan 38.000 Penonton, Tiket yang Dijual 42.000: Over Kapasitas! - Suasana salah satu tribun di stadion Kanjuruhan yang penuh gas air mata usai laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNLOMBOK.COM - Tragedi Kanjuruhan terjadi selain diduga karena efek ledakan gas air mata yang mengganggu indra penglihatan dan pernapasan penonton, juga karena stadion yang mengalami over kapasitas.

Sebelumnya, seiring berkembangnya pemberitaan tragedi Kanjuruhan, surat rekomendasi polisi yang ditujukan kepada Panpel Arema FC agar pertandingan kontra Persebaya di Stadion Kanjuruhan dijadwalkan lebih cepat, beredar di internet.

Surat dari Polres Malang itu tertanggal 29 September 2022, berisikan tentang rekomendasi agar laga Liga 1 tahun 2022 Arema FC menghadapi Persebaya di Kanjuruhan dipercepat ke waktu sore.

Diketahui, pertandingan Arema FC kontra Persebaya dijadwalkan di Liga 1 di Stadion Kanjuruhan pada pukul 20.00 WIB, oleh polisi direkomendasikan mundur ke pukul 15.30 WIB.

Adapun rekomendasi tersebut dibuat dengan mempertimbangkan keamanan, baik sebelum, saat, dan setelah jalannya pertandingan.

Rekomendasi dari kepolisian agar kick off dimajukan sore diketahui telah diteruskan Panpel ke PT LIB. Namun ditolak operator liga.

Ledakan penonton pada malam hari pun tak terhindarkan. Apalagi jumlah penonton diduga melebihi kapasitas stadion.

Menurut keterangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD jumlah penonton yang memasuki Stadion Kanjuruhan melebihi kapasitas.

Kapasitas Stadion Kanjuruhan bisa menampung 38.000 orang, sementara tiket masuk yang dicetak 42.000.

"Tapi usul-usul itu tidak dilakukan oleh panitia yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam, dan tiket yang dicetak jumlahnya 42.000," beber Mahfud, Minggu (2/10/2022).

Sementara itu, Gubernur Jawa TImur, Khofifah Indah Parawansa telah menyampaikan belasungkawa melalui akun instagram resminya @khofifah.ip.

"Tidak hanya menjadi duka Jawa Timur, namun juga duka Indonesia dan duka dunia olahraga," tulis Khofifah.

"Jangan sampai kejadian ini terulang di kemudian hari," sambungnya.

Dalam unggahan yang dibagikan pada Minggu itu (2/10/2022) itu, Khofifah juga memberikan keterangan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Malang akan fokus menangani korban.

"Penanganan di RS Saiful Anwar akan ditanggung oleh Pemprov Jawa Timur. Semua korban yang wafat dan luka berat akan mendapatkan santunan dari Pemprov Jatim," tulis Khofifah.

Terakhir ia mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menyampaikan belasungkawa.

"Kami menyamapikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban dan keluarga," ucap Khofifah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved