Sirkuit Mandalika

Jadwal Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Mandalika, Balapan Kendaraan Hemat Energi para Mahasiswa

Sirkuit Mandalika memang dibangun sebagai 'rumah' berbagai ajang kompetisi kelas dunia

TRIBUNLOMBOK.COM/SINTO
Para penonton MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Maret 2022. Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Mandalika 2022 akan digelar selama 5 hari, mulai dari 11 Oktober hingga 15 Oktober 2022. 

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Sirkuit Mandalika sebentar lagi akan menjamu para inovator bidang energi dari kalangan mahasiswa dalam balapan Shell Eco-marathon 2022.

Adapun jadwal Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Mandalika 2022 akan digelar selama 5 hari, mulai dari 11 Oktober hingga 15 Oktober.

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi untuk menguji kendaraan hemat energi yang diikuti oleh perwakilan pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara di dunia.

"Penyelenggaraan kompetisi Shell Eco-marathon merupakan wujud nyata dari komitmen Powering Progress yang dicanangkan Shell secara global," kata Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian di Jakarta, (6/9/2022) dikutip dari laman resmi MGPA, themandalikagp.com.

Baca juga: Jalan Baru ke Sirkuit Mandalika Permudah Akses Penonton Menuju Tribun

Ingrid menjelaskan, Shell Eco-marathon menjadi ajang yang mendorong generasi muda di seluruh dunia untuk berinovasi dan berpartisipasi dalam mencari solusi atas tantangan energi di masa depan, serta mengakselerasi tercapainya agenda transisi energi di dunia, termasuk di Indonesia," lanjut Ingrid.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria mengungkapkan bahwa Sirkuit Mandalika memang dibangun sebagai 'rumah' berbagai ajang kompetisi kelas dunia dan turut bangga menjadi wadah kompetisi Shell Eco-marathon bulan Oktober mendatang.

"Sejak awal pembukaannya di tahun 2021, Pertamina Mandalika International Street Circuit telah menjadi tuan rumah bagi berbagai ajang kompetisi kelas dunia," tutur Priandhi.

"Kehadiran Shell Eco-marathon tentu akan menjadi bagian dari catatan penting untuk sejarah perjalanan sirkuit ini dan kami bersiap untuk menyuguhkan pengalaman yang memukau bagi semua peserta yang berasal dari berbagai belahan dunia," pungkasnya.

Shell Eco-marathon sendiri dimulai di Perancis tahun 1985 dan pertama kalinya hadir di Benua Asia tahun 2010.

Ada tim Indonesia yang ikut kompetisi ini yaitu tim Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Saat ini, ada 78 tim mahasiswa yang berasal dari 13 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Baca juga: Rincian Lengkap Harga Tiket WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika, Beli Day 2/Weekend Pass Gratis Day 1

78 tim mahasiswa dari 13 negara itu di antaranya, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Korea Selatan, Arab Saudi, India, Pakistan, Kazakhstan, dan Nepal yang sudah terdaftar sebagai peserta untuk mengikuti kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022.

Mereka bakal berkompetisi dalam dua kategori rancangan kendaraan yaitu Urban Concept dan Prototype. Para peserta menciptakan kendaraan khusus yang dapat menempuh jarak terjauh dengan konsumsi sumber energi yang paling sedikit.

Bahan bakar yang digunakan pun bervariasi, mulai dari baterai listrik, hydrogen fuel-cell, bensin, etanol sampai diesel.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved