Berita Lombok Timur

Mahasiswa Fakultas Teknik Hamzanwadi dan CEF Gelar Clean Up di Labuhan Haji

Mahasisa Fakultas Teknik, Universitas Hamzanwadi bersama dengan Coastal Environmental and Fisheries (CEF) menggelar kegiatan clean up.

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Mahasiswa Hamzanwadi Fakultas Teknik bersama dengan Coastal Environmental and Fisheries (CEF) menggelar kegiatan clean up di muara Kokok Tojang Labuan Haji hari ini, Minggu (26/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM,LOMBOK TIMUR - Mahasisa Fakultas Teknik, Universitas Hamzanwadi bersama dengan Coastal Environmental and Fisheries (CEF) menggelar kegiatan clean up di muara Kokok Tojang Labuan Haji hari ini, Minggu (26/6/2022).

Muhammad Gunawan Ashari selaku ketua kegiatan kepada TribunLombok.com mengatakan, kegiatan ini dilakukan oleh beberapa anggota yang berasal dari Prodi Teknik Lingkungan dan Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi dengan kerjasama dari komunitas CEF.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun kesadaran masyarakat akan kebersihan sungai dan lingkungan sekitar," ucapnya.

Lebih lanjut Gunawan menjelaskan, selain itu juga tujuan kerja sama antara CEF dengan berbagai Prodi Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi ini untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana penerapan Trash Trap mulai dari penentuan lokasi, pemasangan, dan menejemennya .

Baca juga: Diduga Mencuri HP, Mantan Kades di Lombok Timur Dibekuk Polisi

"Ini juga bertujuan untuk menunjang program pemerintah, yakni Zero Waste. Dengan mengikuti kegiatan ini di harapkan mahasiswa, masyarakat, maupun pemerintah dapat memperhatikan kualitas lingkungan baik di sungai , laut dan lingkungan sekitarnya," sebutnya.

Kegiatan ini juga banyak dibantu oleh anak anak sekitar, kebanyakan meraka berasal dari sekitaran bibir sungai Kokok Tojang Labuan Haji .

Siswa dari SDN 6 Labuan Haji unjuk andil dalam kegiatan ini.

Harapannya dari kegiatan ini pemerintah daerah maupun provinsi dapat memberikan fasilitas kebersihan dan mendukung kegiatan ini.

Baca juga: Jamin Ketersediaan Pangan Masyarakat, Babinsa Kodim 1615/Lotim Dukung Peternak Ikan Air Tawar

Di tempat yang sama Ketua CEF, Muslihuddin Aini menekankan kepada semua pihak juga harus turut andil dalam mengatasi permasalahan sampah ini, terutama di Labuhan Haji.

"Melihat kesadaran masyarakat sekitar yang kurang menyadari dampak kerusakan lingkungan, diharapkan pemerintah desa juga unjuk adil dan membantu menejemen kegiatan clean up bukan hanya di hilir sungai namun kita tekankan pada hulu sungai," jelasnya.

Di sisi lain ia juga sangat mengapresiasi bentuk dukungan dari kegiatan mahasiswa ini.

"Sangat bagus sekali, kami merasa terbantu. Apalagi memang mereka jurusannya teknik lingkungan, ini juga bentuk dari penerapan Tridharma Perguruan Tinggi, di mana salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat," tutupnya.

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved