Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Ungkap Alasannya Mencoret Irfan Jaya dari Timnas SEA Games 2021

Dari tiga pertandingan uji coba, Irfan Jaya yang kini berusia 25 tahun mencetak dua dari enam gol timnas U23 Indonesia selama di Korea Selatan.

Editor: Dion DB Putra
KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Trisakti Kuta, Bali, Jumat (21/1/2022) sore. 

TRIBUNLOMBOK.COM- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah mengumumkan daftar 20 pemain timnas U23 Indonesia pilihan Shin Tae-yong yang akan berlaga di SEA Games Vietnam 2021.

PSSI merilis daftar 20 pemain timnas U23 Indonesia itu pada Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Ini Daftar 20 Pemain Timnas Indonesia Pilihan Shin Tae-yong untuk SEA Games 2021

Baca juga: Shin Tae-yong Akan Coret 9 Nama Dalam Seleksi Pemain Timnas U23 Indonesia

Ada hal menarik yaitu bintang Bali United Irfan Jaya tidak ada dalam daftar tersebut.

Hal ini menimbulkan pertanyaan mengingat Irfan Jaya juga tampil bagus di Piala AFF dan saat mengikuti pemusatan latihan timnas U23 Indonesia di Korea Selatan pada April 2022.

Dari tiga pertandingan uji coba, Irfan Jaya yang kini berusia 25 tahun mencetak dua dari enam gol timnas U23 Indonesia selama uji coba di Korea Selatan.

Irfan Jaya dan Ezra Walian dalam Piala AFF kontra Malaysia
Irfan Jaya dan Ezra Walian dalam Piala AFF kontra Malaysia (pssi.org)

Irfan Jaya bukan satu-satunya pemain senior yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U23 Indonesia di Korea Selatan.

Ada tiga pemain senior lain yang juga dipanggil Shin Tae-yong, yakni Ricky Kambuaya, Fachrudin Aryanto, dan gelandang naturalisasi asal Belanda, Marc Klok.

Dari empat nama di atas, hanya Irfan Jaya yang tidak akan memperkuat timnas U23 Indonesia di SEA Games 2021 karena sudah dicoret Shin Tae-yong.

Terkait keputusan mencoret Irfan Jaya, Shin Tae-yong mengaku sempat kebingungan karena hanya bisa memilih tiga pemain senior.

Namun, Shin Tae-yong akhirnya yakin dengan keputusan mencoret Irfan Jaya setelah melihat komposisi skuad timnas U23 Indonesia secara menyeluruh.

Salah satu pertimbangan Shin Tae-yong mencoret Irfan Jaya adalah timnas U23 Indonesia sudah memiliki Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Witan Sulaeman.

"Kartu AS (kuota pemain senior) cuma ada tiga," Mau tidak mau tidak bisa dipilih," kata Shin Tae-yong dikutip dari BolaSport.com.
"Pertimbangan yang sangat lama untuk tidak memilih Irfan Jaya," ujar Shin Tae-yong.

"Namun, ada salah satu pertimbangan, yakni sudah ada Egy, Witan, Saddil Ramdani. Ketiganya sudah bisa bergabung ke timnas U23 Indonesia," tutur Shin Tae-yong menambahkan.

Berdasarkan hasil drawing SEA Games 2021, timnas U23 Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan tuan rumah Vietnam.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved