Bumdes Terintegrasi Bank Sampah, Upaya DPMPD Dukcapil Prov NTB Wujudkan Zero Waste

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMPD Dukcapil) Provinsi NTB mewajibkan BUMdes memiliki bank sampah

Penulis: Patayatul Wahidah | Editor: Sirtupillaili
Dok. DPMPD Dukcapil NTB
Kepala DPMPD Dukcapil NTB H Ashari (berdiri; dua dari kiri) menemani Wakil Gubernur Provinsi NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah dalam kunjungan kerja ke desa. 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Patayatul Wahidah

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM – Dalam upaya menyukseskan program Zero Waste, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMPD Dukcapil) Provinsi NTB mewajibkan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) memiliki unit usaha bank sampah.

Kepala DPMPD Dukcapil Provinsi NTB Menurut Dr, H. Ashari, SH., MH mengatakan, ikhtiar menyukseskan Zero Waste tidak hanya untuk mewujudkan pola hidup bersih, tetapi juga mengajak warga mengolah sampah.

Sehingga sampah yang ada memiliki nilai ekonomis, misal pengolahan sampah plastik dan sampah organik untuk pupuk atau pakan ternak.

"Alhamdulillah saat ini setidaknya lebih kurang terdapat 400 bank sampah tersebar di seluruh desa, yang dikelola BUMDes," katanya.

"Kita sudah berikan pembinaan, melalui pelatihan dan bantuan modal serta sarpras nya. Kita juga sudah mengarahkan agar setiap BUMDes harus memiliki unit usaha Bank Sampah” jelas Ashari.

Baca juga: Indeks Desa Membangun NTB Meningkat, DPMPD Dukcapil NTB Dorong Percepatan Menuju Desa Mandiri

Terbentuknya bank sampah ini, lanjutnya, bukan menjadi tanda kesuksesan program zero waste.

Karena, masih ada persoalan mendasar yang harus dituntaskan, yakni mengubah pola pikir masyarakat untuk bisa lebih peduli dengan lingkungan.

“Tentu dengan adanya Bank Sampah ini tidak cukup, tapi harus ada kesadaran yang tumbuh dari dalam masyarakat sendiri” lanjut Ashari.

Baca juga: Raih Penghargaan sebagai OPD Terbaik, Ini Sederet Inovasi yang Dilakukan DPMPD Dukcapil NTB

Menurut Ashari, menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat ini, tidaklah mudah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved