Berita Lombok Timur

Pengurus Masjid Baitul Amal di Lombok Timur Bagi Takjil & Buka Bersama Gratis Selama Ramadhan 1443 H

Acara bagi takjil dan buka puasa gratis ini tak lepas dari kesadaran masyarakat setempat yang proaktif dalam memberi infak dan sedekah

TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA
Pengurus Masjid Baitul Amal Kecamatan Terara, Lombok Timur saat berada di stand bagi takjil dan buka puasa gratis, Minggu (3/4/2022). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM,LOMBOK TIMUR - Pengurus Masjid Baitul Amal Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur menggelar acara bagi takjil dan buka puasa bersama selama bulan Ramadhan.

Hal itu didasarkan pada kewajiban bagi muslim yang memenuhi syarat dan sunnah hukumnya untuk menyegerakan waktu untuk berbuka puasa.

Bagi orang yang dalam keadaan musyafir atau berpergian sering ditemui berbuka puasa di perjalanan.

Baca juga: Wisata Kuliner Ramadhan di Lombok Timur, Yuk Berburu Takjil dan Sate Bantingan Khas Terara di SKT

Baca juga: Pondok Pesantren Multikultural di Lombok Timur Ini Tekankan Persaudaraan Islam dalam Keberagaman

"Tahun ini dari donatur kita menggelar buka bersama secara presmanan, jadi masyarakat atau orang luar yang mampir disini bisa mengambil sepuasnya makanan untuk mereka berbuka puasa," ucap Sekertaris dan Bagian Humas Pengurus Masjid Baitul Amal Terara Nasrudin, Minggu (3/4/2022).

Tak seperti Ramadah tahun sebelumnya, selain bagi takjil di Masjid Baitul Amal juga akan menggelar buka puasa bersama setiap harinya selama bulan Ramadhan.

"Insha Allah, berbeda dengan tahun yang kemarin, di masjid Baitul Amal kita akan agendakan kembali buka puasa bersama, menunya lengkap nanti ada daging, sayur, telur dan sebagainya," jelasnya.

Berbuka puasa di Masjid Baitul Mal tidak dipungut biaya.

"Menu yang ada semua gratis, jadi jangan sungkan bagi masyarakat yang mampir, makan sepuasnya," lanjutnya.

Nasrudin mengatakan, sumber dana berasal dari masyarakat kemudian sudah beberapa tahun ini ada sumber dana dari donatur.

Ada tiga orang donatur, termasuk di dalamnya 2 orang pengurus masjid, satu orang itu warga Kecamatan Masbagik, Lombok Timur.

Sumber-sumber yang lain juga berasal dari masyarakat, seperti air minum yang terkumpul untuk saat ini hingga ratusan gelas.

Nasrudin mengungkapkan acara bagi takjil dan buka puasa gratis ini tak lepas dari kesadaran masyarakat setempat yang proaktif.

Di mana selama Ramadhan saja untuk sumbangan dari masyarakat satu harinya bisa mencapai Rp 1 juta dan perbulannya bisa sampai lebih dari Rp 30 juta.

"Memang masyarakat disini itu aktif sekali menyumbang, selama terawih saja tadi malam, sumbangan yang terkumpul itu bisa sampai Rp 1 juta," terangnya.

Dari sinilah sumbangan yang ada kemudian disalurkan dalam berbagai kegiatan selama Ramadhan, satu diantaranya adalah bagi-bagi takjil dan buka bersama ini.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved