Breaking News:

Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 3, Halaman 141 dan 142, Kelas 4 SD, Aku Cinta Membaca: Bakal Buah Perlu Dijaga

Kunci Jawaban Tema 3, Kelas 4 SD, Halaman 141 dan 142, Aku Cinta Membaca: Bakal Buah Perlu Dijaga.

Penulis: Wulan Kurnia Putri | Editor: wulanndari
Tangkap Layar Tema 3, Kelas 4 SD
Kunci Jawaban Tema 3, Kelas 4 SD, Halaman 141 dan 142, Aku Cinta Membaca: Bakal Buah Perlu Dijaga. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Simak Kunci Jawaban Tema 3, Kelas 4 SD, Halaman 141 dan 142, Aku Cinta Membaca: Bakal Buah Perlu Dijaga.

Tema 3 yaitu Peduli Terhadap Mahluk Hidup.

Materi yang dibahas yaitu ‘Bakal Buah Perlu Dijaga’.

Sebelum melihat kunci jawaban, sebaiknya siswa memahami terlebih dahulu kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban hanya sebagai panduan bagi orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Baca juga: Kunci Jawaban Halaman 115 dan 116, Buku Tematik, Tema 5, Pembelajaran 6, Subtema 2, Kelas 6 SD

Bakal Buah Perlu Dijaga

Pohon mangga di depan rumah Kakek Topo terlihat sangat menggoda mata. Bakal-buah hijau mungil mulai banyak bergelantung di dahan-dahan. Sungguh menggoda! Namun, memang belum dapat dinikmati. Belum cukup besar, belum cukup matang.

Sore hari, ketika tiba waktu anak-anak bermain sepeda, pohon mangga tersebut sering menjadi sasaran keisengan anak-anak. Seperti sore itu. Ketika Kakek Topo sedang bersantai minum teh di teras depan, dilihatnya sekelompok anak bersepeda melompat-lompat di bawah pohon mangga. Mereka memetik bakal-bakal buah yang masih mungil itu! Tidak hanya satu. Banyak! Malah ada seorang anak yang membawa kantung plastik untuk menampung hasil petiknya.

Wah! Kakek Topo bergegas ke depan rumahnya. Tidak lantas diusirnya anak-anak itu, namun ia mengajak mereka mengamati bakal buah yang sudah mereka petik. “Lihatlah, perhatikanlah.” katanya. “Bakal buah ini belum menjadi buah yang matang, yang bisa kamu makan. Untuk apa kalian ambil? Hanya untuk mainan masak-masakan, atau malah hanya untuk main timpuk-timpukan?” Kakek Topo bertanya lembut. Anak-anak itu diam tak menjawab.

Sesungguhnya benar yang diduga Kakek Topo, mereka mengambilnya untuk bermain masak-masakan dan bermain adu lempar. Melihat tak ada jawaban, Kakek Topo menambahkan. “Jika saja bakal-bakal buah ini kalian diamkan di tempatnya, di dahan tempatnya bergantung, ia akan berkembang menjadi besar, semakin besar, akhirnya siap dipetik dan siap dinikmati. Pasti enak rasanya. Aku merasakannya setiap tahun. Manis!” kakek Topo berbicara terus, sambil memegang beberapa bakal buah yang terlanjur dipetik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved